Teknik 09 Apr 2016

SM-IAGI UIR Taja Seminar dan Workshop

Seksi Mahasiswa Ikatan Ahli Geologi Indonesia (SM-IAGI) Universitas Islam Riau (UIR) adakan seminar serta workshop dengan tema Well Log dan Exploration Drilling in Petroleum Industry di Fakultas Teknik, Jumat (8/4). Kegiatan yang dimulai pukul 14.00 tersebut hadirkan Ahli Geologi Indonesia—Mohammad Syaiful, MT sebagai pemateri.


Ketua Jurusan Teknik Geologi Yuniarti Yuskar, S.T., M.T dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas ketersedian Mohammad Syaiful, MT menjadi pemateri seminar dan workshop tersebut. Ia juga ceritakan, bahwasannya Syaiful bukan untuk pertama kalinya datang dan menjadi pemateri di Teknik Geologi UIR. “Mahasiswa angkatan 2013 yang saat itu pernah dapat kesempatan untuk berjumpa dengan beliau, sekitar awal tahun 2014 yang lalu dalam kegiatan yang sama,” tuturnya.


Ia juga berharap, perjumpaan dengan Syaiful bisa dijadikan kesempatan emas bagi Mahasiswa Geologi untuk menambah ilmunya. Menurutnya, ilmu tersebut tidak hanya berguna selama di bangku perkuliahan, tapi juga bisa dalam jangka waktu panjang—saat telah bekerja. “Bagi mahasiswa yang belum pernah dapatin ilmu ini, maka aktiflah bertanya dan jangan malu. Karena beliau jarang-jarang ke sini. Ikutilah kegiatan ini dengan baik dari awal sampai akhir, supaya bermanfaat,” katanya.


Sebelum menyampaikan materinya, Syaiful berharap agar mahasiswa tidak malu dan sungkan untuk bertanya padanya tentang apa saja yang tidak mereka pahami. Dalam materinya, Syaiful menerangkan mengenai bebatuan sedimen yang berlapis. “Jika dicari persamaannya, seperti kue lapis—yang berlapis-lapis,” terangnya mencontohkan.


Koordinator Divisi Seminar dan Workshop SM-IAGI UIR Arsyad mengatakan, kegiatan seminar dan workshop tersebut pertamakali dilaksanakan sejak kepengurusan baru dilantik pada Desember 2015 lalu. “Dalam waktu dekat, akan ada kegiatan lanjutan seperti ini lagi. Di mana waktunya belum bisa diberi tahu, namun akan kembali hadirkan pemateri dari luar dan merupakan ahli Geologi tentunya,” tuturnya.


Ia juga harapkan, mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut bisa meningkatkan mutu dan ilmunya. Karena menurutnya, tidak semua ilmu didapatkan saat perkuliahan, tapi juga bisa lewat kegiatan seminar maupun workshop.


Rubita Juandani, Mahasiswa Geologi semester empat mengatakan, kegiatan tersebut sangat bagus dilaksnakan, karena berkaitan dengan jurusan geologi, sehingga ilmunya bisa bertambah. “Di saat semester atas nanti, kami diminta memilih fokusnya ke mana, jadi materi yang dipaparkan dapat membantu kami juga untuk menentukan pilihan yang tepat untuk dipilih,” katanya.

[ Adm-UIR ]