Teknik 07 Apr 2017

LULUSAN PERDANA PRODI TEKNIK GEOLOGI UIR

Kamis (06/04/2017) merupakan hari bersejarah bagi Prodi Teknik Geologi karena telah meluluskan 5 mahasiswa yang merupakan lulusan pertama sejak berdirinya Prodi Teknik Geologi pada tahun 2012. 5 mahasiswa/i lulusan pertama prodi ini adalah Muhammad Nur Rafi, Shahnaz Noveta Bastira, Rani Amalia Ramsof, Debby Hefriyanti dan Arrachim Maulana Putra. Sebelum nyatakan lulus, 5 orang mahasiswa/i harus menjalankan sidang komprehensif terlebih dahulu. Sidang komprehensif ini merupakan sidang akhir untuk menguji kematangan pemahaman mahasiswa tentang ilmu geologi mulai dari ilmu dasar hingga ilmu aplikatifnya. Dosen-dosen yang menjadi pengoji dalam sidang komprehensif ini adalah Yunarti Yuskar, S.T., M.T, Dewandra Bagus Eka Putra, B.Sc (Hons)., M.Sc, Tiggi Choanji, S.T., M.T, Budi Prayitno, S.T., M.T, Catur Cahyaningsih, B.Sc (Hons)., M.Sc dan Adi Suryadi, B.Sc (Hons)., M.Sc. Dalam sidang komprehensif ini kelima mahasiswa tersebut dinyatakan Lulus dengan rata-rata IPK lulusan yaitu 3,1 (skala 4).

Yuniarti Yuskar, S.T., M.T selaku Ketua Prodi Teknik Geologi menyatakan bahwa 5 alumni pertama Prodi Teknik Geologi ini merupakan orang-orang yang sudah siap untuk berkontribusi di Indonesia khusunya Riau sebagai tanah yang kaya dengan sumber energi alami seperti mnyak, gas, batu bara dan sebagainya. “Lulusan pertama merupakan pilar-pilar utama bagi Prodi Teknik Geologi UIR di dunia luar, oleh sebab itu tunjukkanlah kinerja serta atitud yang bagus ketika terjun kemasyarakat. Jangan anggap lulus dari perguruan tinggi merupakan akhir dari perjuangan, malah sebenarnya ini merupakan awal dari semuanya” Pesan Kaprodi kepada alumni pertama Teknik Geologi

Selain diharapkan mampu bersaing di dunia pekerjaan, lulusan pertama ini juga akan membantu Prodi Teknik Geologi untuk mendapatkan akreditasi yang lebih baik. Alumni menjadi salah satu poin penting dalam penilaian akreditasi sebuah prodi. “harapan kedepannya dengan adanya alumni ini bisa meningkatkan nilai akreditasi bagi Prodi Teknik Geologi UIR yang akan melakukan proses reakreditasi pada tahun ini dengan target A, Insyallah” Ujar Dewandra Bagus BSc(Hons). MSc selaku Sekertaris Prodi Teknik Geologi.

Dosen lainnya berpesan kepada alumni pertama ini agar mempersiapkan mental untuk bersaing di dunia luar, khususnya di Riau yang dikenal sebagai provinsi penyumbang minyak terbesar di Indonesia. “UIR merupakan satu-satunya universitas yang mempunyai Prodi Teknik Geologi di Riau harus menghasilkan para ahli geologi yang dapat mengembangkan potensi geologi yang ada di bumi melayu sendiri karena selama ini kebanyakannya para ahli geologi yang bekerja di Riau merupakan para ahli geologi dari luar Riau. Semoga lulusan pertama kami bisa berkontribusi besar bagi kemajuan Riau” Ujar Catur Cahyaningsih sebagai dosen Teknik Geologi.

 

[ Adm-UIR ]