Teknik 18 Mei 2017

Teknik Geologi UIR Penelitian Bersama, UKM dan Tongji University China di Pulau Natuna

Teknik Geologi Universitas Islam Riau (UIR)  telah lakukan penelitian bersama antara Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dan Tongji University (China)  pada 6 – 9 Mei 2107  lalu, dengan tema “Collaboration Study on Formation of South East Asia – Universiti Kebangsaan Malaysia – Tonji University (China) – Universitas Islam Riau at Natuna Island”.

Tujuan dilaksananya penelitian ini untuk memetakan kembali Geologi Asia Tenggara secara lebih detail karena peta geologi yang ada sekarang hanya peta geologi secara regional saja. Tim penelitian bersama ini teridiri dari 2 orang dari Tongji University yaitu Prof. Lei Shoa (Ketua tim) dan Ms. Yuchi Chui , 1 orang dari UKM yaitu Dr. Goh Tian Lai, 2 orang dari UIR yaitu Dr. Eng Husnul Kausarian dan Adi Suryadi, B.Sc (Hons)., M.Sc serta 1 orang dari Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) sebagai universitas local yaitu Yusuf Mahidin.

Ketua tim peneliti Prof. Lei mengatakan bahwa beliau sangat berterima kasih atas segala kerjasama yang telah diberikan oleh semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan penelitian bersama ini terutama untuk pihak Teknik Geologi UIR dan Geologi UKM yang telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan sangat matang. “ ini hanya riset awal untuk pemetaan geologi di daerah Asia Tenggara, kemungkinan penilitain lanjutan akan dilaksanakan dibawah naungan UNESCO “ Ujar Prof. Lei Shoa yang merupakan professor dibidang Sedimentologi.

Kesempatan emas seperti ini tidak disia-siakan oleh pihak Universitas Islam Riau. “Kegiatan seperti ini menjadi peluang besar untuk bisa menjalin kerjasama international dengan universitas-universitas terkemuka di dunia seperti Tongji University” Ujar Dr. Eng Husnul Kausarian sebagai perwakilan dari UIR.

Perbincangan tentang kesempatan untuk melanjtkan Kuliah di Tongji University juga sudah dilaksanakan walaupun secara tidak formal. Beliau juga menyatakan kesempatan untuk dapat menimba ilmu dari orang yang lebih expert dibadang geologi khususnya di bidang sedimentologi. 

Dr. Goh pihak UKM yang menjadi jembatan penghubung antara UIR dan Tongji University mengatakan sangat antusias dengan kegiatan ini. “ Dr. Husnul adalah teman saya semasa kuliah S2 di UKM, Ketika mendapat kabar dari Tongji University akan melakukan penelitian di Natuna saya langsung menghubungi Dr. Husnul untuk diajak mengikuti penilitian ini karena beliau akan lebih mudah dalam segala urusan di Indonesia nantinya” Ujar Dr. Goh

Selama penilitian bersama ini dilaksanakan banyak data-data geologi baru yang ditemukan seperti kontak antara formasi dan batuan yang dapat digunakan untuk memperbaiki sempadan batuan pada peta geologi regional Pulau Natuan. Beberapa sampel juga diambil oleh Prof. Lei untuk dilakukan analisis di laboratorium lebih lanjut. 

[ Teknik UIR ]