Teknik 10 Agus 2017

Teknik Geologi dan Teknik Perminyakan UIR Jalin Kerjasama dengan Perusahaan dari Korea

Selasa (8 Agustus 2017) telah dilaksanakan pertemuan antara Universitas Islam Riau, Hansung Heavy Industri Co. Ltd., Pemerintah daerah Kab. Siak dan PT. Bumi Siak Pusako di Gedung Surya Dumai. Pertemuan ini dilaksanakan untuk menemukan solusi peningkatan produktivitas lapangan-lapangan minyak di Riau khususnya lapangan minyak di bumi Siak.

Dalam pertemuan ini Hansung Heavy Industri Co. Ltd diwakili oleh Mr. Jeong Ho Cho (Jhon), Mr. Chaigoo Lee (Richard) dan Mr. Seonghoon Lee. Pemda Siak langsung dipimpin oleh Bapak Bupati Drs. H. Syamsuar dan PT. BSP dipimpin langsung oleh Dirut BSP yaitu bapak Bismantoro. Sedangkan UIR diwakili oleh Wakil Rektor III yaitu bapak Ir. Rosyadi, M.Si beserta Prodi Teknik Geologi yang dipimpin oleh Kaprodi Yuniarti Yuskar S.T., M.T beserta anggotanya Dr. Eng Husnul Kausarian, M.Sc, Tiggi Choanji, S.T., M.T dan Adi Suryadi, B.Sc (Hons)., M.Sc dan juga Prodi Teknik Perminyakan yang dipimpin oleh kaprodi Ira Herawati, S.T., M.T beserta jajarannya Dr. Muslim dan Fiki Hidayat S.T., M.T.

Dalam diskusi yang berlangsung alot pihak Hansung Heavy Industry Co. Ltd menyatakan sedang mencari partnet untuk pengembangan teknologi mereka khususnya dalam bidang industri migas. Mereka akan mengajukan proposal ke kementrian Korea untuk membiayai semua kegiatan pengembangan teknologi jika Siak bersedia menjadi pertner mereka. Hal ini dinyatakan langsung oleh Mr. Jeong Ho Cho sebagai Wakil Presiden dari Hansung Heavy Industry Co. Ltd.

Dari pihak UIR khusunya prodi Teknik Geologi dan Teknik Perminyakan bersedia untuk bergabung dalam pengembangan teknologi ini khususnya dalam bidang penelitian (research) karena dalam industri Migas ilmu dalam bidang Geologi dan Perminyakan sangat berkaitan. Pihak UIR bersedia menyediakan Sumber daya Manusia untuk bergabung dalam bidang Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Hal ini disampaikan langsung oleh masing-masing Kaprodi Teknik Geologi dan Teknik Perminyakan.

Dari Pihak Pemkab Siak dan PT.BSP sendiri sangat senang dengan kedatangan perusahaan dari Korea yang akan membantu meningkatkan produktivitas lapangan minyak khususnya yang ada di Siak. Dengan melihat pengalaman kerja Hansung yang pernah melakukan kegiatan peningkatan produktivitas di beberapa negara seperti Kanada, Vietnam bahkan juga di Indonesia yang menunjukkan hasil positif, maka ini Peluang besar bagi Pemkab Siak untuk bergabung dengan mereka.

Pertemuan ini diakhiri dengan penandatanganan kerjasama (MoA) antara Teknik Geologi UIR dengan Hansung Heavy Industry Co. Ltd dan Teknik Perminyakan dengan Hansung Heavy Industry Co. Ltd yang ditanda tangani oleh Yuniarti Yuskar S.T., M.T mewakili Prodi Teknik Geologi dan Ira Herawati, S.T., M.T mewakili Prodi Teknik Perminyakan serta Mr. Jeong Ho Cho mewakili Hansung Heavy Industry Co. Ltd. Kerjasama yang dilaksanakan adalah didalam bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia, Penelitian dan Pengembangan Teknologi.
(Adi Suryadi)

[ Adm-UIR ]