Teknik 10 Agus 2017

Dosen Teknik UIR jadi Pemakalah di Universiti Teknologi MARA Perlis Malaysia

Menjadi pemakalah dalam kegiatan seminar internasional  merupakan suatu kebanggaan dan prestasi bagi seorang Dosen, terlebih untuk bisa menjadi pemakalah tersebut harus melalui seleksi atau bersaing dengan ribuan dosen dari universitas lainnya.

Seperti yang akan dilakoni oleh Dosen Teknik Sipil Universitas Islam Riau (UIR) Muhammad Zaenal Muttaqin, bersama  Dr. Anas Puri akan menjadi pemakalah di Universiti Teknologi MARA, Perlis Malaysia tanggal 13 s/d 16 Agustus ini. Seminar internasional ini merupakan bagian dari kegiatan The Second Internasional Conference On The Future Of Asean (ICoFa).

Muttaqin ini mengatakan seminar berskala internasional ini, pemakalah tidak hanya dari indonesia saja namun juga negara tetangga yang tergabung dalam ASEAN.Judul makalah yang diangkat pada seminar tersebut yakni Public Transport Needs Based From Ecoectation  For University Student In Pekanbaru (Case Study Islamic University Of Riau. 

Menganau jumlah pemakalah yang ikut serta dalam seminar Internasional yang diadakan di University Teknologi MARA, Perlis, dirinya tidak mengetahui berapa orang dan dari negara mana saja. Sebab, panitia tidak mengumumkan nama peserta hanya masing masing individu yang di beri tahu," Saya tidak tahu berapa jumlah pemakalan yang akan tampil dan dari negara mana saja." kata Muttaqin, Selasa (1/8) kemarin di Pekanbaru.

Jebolan S2 Swedia ini menjelaskan, sebelum makalahnya masuk dalam seleksi, ada beberapa test yang harus dilalui yaitu seleksi abstrak dan seleksi paper. Dari ribuan makalah yang masuk, salah satu makalah dirinya yang terpilih. Inti dari makalah yang di sampaikan pada seminar internasional menyangkut bagaimana kebutuhan angkutan umum berdasarkan kebutuhan mahasiswa misalnya bagiamana cara angkutan bus menjadi daya tarik sesuai dengan kebutuhan mahasiswa seperti waktu. 

Publik saat ini sangat membutuhkan tranportasi yang cepat, nyaman, amam dan tepat waktu. "Ini gambaran isi makalah yang saya sampaikan bagaimana kebutuhan angutann trasportasi ini bisa memenuhi kebutuhan mahasiswa," kata Muttaqin yang juga alumni UGM ini.

Selain dirinya, kata Muttaqin, ada satu lagi dosen Teknik UIR Dr. Anas Puri yang menjadi pemakalah di Seminar ICoFa. Dosen teknik sipil ini mengakat judul makalah Differentiation Of Displacrment Factor  For Stiff And Soft In Additional Modulus oF Subgrade Reaction oF Nailed-slab Pavement System.

Dekan Fakuktas Teknik UIR, H. Abdul Kudus Zaini.ST.MT mengatakan bahwa dosen UIR juga bisa menjadi pemakalah berskala internasional." Saya harap dosen kita bisa mempresentasinya dengan baik dan nantinya bisa masuk dalam jurnal internasional," harap Kudus. (Sumber:mediacenter.riau.go.id)

[ Adm-UIR ]