Teknik 11 Sept 2017

Membanggakan! Dosen Geologi UIR Wakili Indonesia ke Himalaya

Membanggakan! Dosen Geologi UIR Wakili Indonesia ke Himalaya
Dr. Husnul Kausarian, M.Sc berdiri paling kanan bersama sebagian rombongan peneliti Himalaya berpose di depan Istana Botala, Istana Dalai Lama
PEKANBARU (CAKAPLAH) - Salah satu dosen Teknik Geologi Universitas Islam Riau (UIR), Dr Husnul Kausarian MSc, dipercaya pihak internasional untuk melaksanakan ekspedisi internasional geologi di Gunung Everest yang merupakan bagian dari Banjaran Himalaya.

Ekspedisi geologi bertaraf dunia ini dilaksanakan 2 minggu dari tanggal 3-16 september 2017. "Ini adalah peluang terbaik buat membesarkan nama UIR, Riau dan Indonesia di mata dunia," ujarnya.

Ia adalah orang Riau pertama yang sampai ke Himalaya untuk melakukan penelitian. Ekspedisi ini melibatkan perwakilan dari seluruh peneliti geologi dunia yang akan berkumpul di Shanghai terlebih dahulu.

Perwakilan peneliti geologi dunia terdiri dari profesor dan doktor seperti dari Amerika, Inggris, Brazil, Australia, Afrika Selatan dan Indonesia yang diwakili oleh Dr Husnul.

Tema yang diangkat adalah meninjau dan meneliti lebih jauh tentang pembentukan plat tektonik di banjaran Tibet yang punya pengaruh terhadap daratan dunia seperti Amerika, Afrika dan Asia.

Di kesempatan ini peneliti Indonesia dilibatkan karena Indonesia sendiri merupakan bagian dari plat tektonik asia.

Terlibatnya doktor Husnul tidak terlepas dari prestasinya yang berhasil menembus jurnal internasional di Kanada dan peran aktifnya di dunia geologi internasional.
"Ini merupakan kesempatan yang membuktikan bahwa geologis Indonesia juga bisa terlibat bersama peneliti internasional," ungkap Husnul Kausarian yang merupakan peneliti sekaligus akademisi yang berkiprah di Teknik Geologi UIR.

Husnul Kausarian juga diketahui seorang geologis yang fokus pada eksplorasi sumber daya alam (migas dan mineral) dengan spesialisasi pemetaan menggunakan satelit, sebagaimana yang diakui oleh tuan rumah ekspedisi geologi internasional ini dari Tongji University, Shanghai, China yaitu Prof Dr Lei Shao yang merupakan pakar geologi kelautan dunia.

SUMBER: cakaplah.com

[ Adm-UIR ]