Teknik 10 Okt 2017

Kuliah Umum Dari Forum Geologi Muda Indonesia (FGMI)

Selasa, 3 oktober 2017 Teknik Geologi UIR kedatangan seorang tamu dari Forum Geologi Muda Indonesia (FGMI). Kesempatan yang langka ini dimanfaatkan oleh mahasiswa teknik geologi UIR untuk mendapatkan ilmu dari para aktivis yang sudah berpengalaman dalam bidang geologi dengan mengadakan kuliah umum dan berbagi pengalaman. MAteri kuliah umum berkaitan tentang “Inklusi Fluifa dalam Eksplorasi Emas” disampaikan oleh Mrs. Agata Vaessa.

Beliau adalah salah seorang anggota FGMI yang kebetulan sedang menjalankan tugasnya untuk melakukan eksplorasi mineral di daerah Sumatra secara umumnya. Mrs. Agata menyempatkan diri untuk memenuhi undangan dari Prodi Teknik Geologi untuk berbagi pengalaman kepada mahasiswa geologi UIR.

Dalam materinya Mrs. Agata menjelaskan tentang bagaimana proses inklusi fluida sangat berpengaruh dengan proses pemineralan khususnya mineral-mineral yang mempunyai nilai ekonomis. “Sumatra merupakan pulau yang terbentuk karena adanya proses subduksi antara lempeng Eurasia dan lempeng Samudra Hindia menghasilkan banjaran bukit barisan yang kaya akan proses pemineralan mineral-mineral ekonomi. Oleh sebab itu penelitian tentang pemineralan di Sumatra perlu dilaksanakan untuk melihat seberapa besar potensi pemineralannya” Ujar Mrs. Agata dalam penjelesannya.

Data-data yang dapat diperoleh dari analisis inklusi fluida meliputi suhu, salinitas, tekanan, berat jenis dan komposisi fluida yang terjebak. Dengan menggunakan data yang didapati interpretasi penentuan sumber fluida panas atau magma dapat ditentukan serta komposisi kimia dari fluida tersebut dapat diinterpretasikan sebagai sumber pembentuk suatu mineral ekonomis tertentu.

Yuniarti Yuskar S.T., M.T yang membuka acara kuliah umum ini menyatakan bahwa beliau sangat senang dengan kegiatan seperti ini. “Kegiatan-kegiatan sharing ilmu seperti ini sangat perlu dilaksanakan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa bagaimana ilmu yang mereka pelajari dalam kuliah dapat diaplikasikan di luar sana dan semoga mahasiswa dapat memenfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya” Ujar Yuni sebagai Kepala Prodi Teknik Geologi.

[ Adm-UIR ]