Teknik 10 Okt 2017

JGEET Menuju Jurnal Terindeks Internasional

Journal of Geoscience, Engineering, Environment and Technology (JGEET) yang dikelola oleh Prodi Teknik Geologi UIR semakin dekat dengan tujuan utamanya untuk dapat terindeks internasional yaitu terindeks scopus. Meskipun masih terbilang sangat muda dan baru JGEET telah berhasil sudah terdaftar sebagai anggota DOAJ (Directory of Open Access Journals) sejak tanggal 3 Oktober 2017.

DOAJ merupakan suatu directory untuk jurnal-jurnal berskala internasional dimana ia menjadi salah satu cara agar jurnal dapat diakses oleh seluruh dunia yang sudah sangat dipercaya keabsahannya. Dr. Eng Husnul Kausarian, M.Sc selaku Editor in Chief JGEET mengaku sangat terkejut dengan pencapaian jurnal yang dikelolanya karena dengan usia yang masih belia JGEET sudah berhasil menembus DOAJ setelah melakukan 3 kali penerbitan jurnal. “Hanya dengan 3 kali terbitan JGEET berhasil menembus DOAJ, pencapaian ini sungguh sangat membanggakan bagi UIR secara umumnya dan Prodi Teknik Geologi UIR secara khususnya. 

Pasalnya jika suatu jurnal sudah terindeks DOAJ maka ini merupakan langkah awal menuju jurnal yang terindeks scopus” Ujar Dr. Eng Husnul ketika ditanya tentang pencapaian JGEET. Selain itu, dalam wawancaranya DR. Eng Husnul juga mengatakan bahwa pencapaian JGEET yang begitu besar ini tidak terlepas dari kekompakan kerja tim JGEET yaitu Tiggi Choanji S.T., M.T dan Catur Cahyaningsih, B.Sc(hons), M.Sc karena mereka yang berjuang dalam pengelolaan JGEET.

“Dalam kegiatan penelitian yang merupakan salah satu tugas penting bagi seorang dosen, wadah untuk publikasi dari hasil penelitian yaitu jurnal menjadi sangat penting. Jurnal-jurnal yang terindeks internasional menjadi target utama bagi para dosen karena hal ini dapat meningkatkan penilaian terhadap universitas secara lansung, maka ini memberikan dampak baik yang signifikan ketika salah satu jurnal yang di kelola oleh Teknik Geologi UIR sudah masuk dalam DOAJ dan semakin dekat dengan jurnal terindeks scopus” Ujar Tiggi Choanji S.T., M.T sebagai Jurnal Manager JGEET 

Untuk medaftar agar bisa terindeks scopus, sebuah jurna minimal harus berusia 2 tahun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Salah satu syarat yang paling berat adalah terdaftar didalam DOAJ. JGEET sudag terdaftar dalam DOAJ tetapi usianya masih belum mencapai 2 tahun. Harapannya dalam 1 tahun kedapan JGEET sudah bisa terindeks internasioanl khusunya scopus sehingga bisa menjadi salah satu jurnal dalam bidang geologi yang terindeks scopus karena tidak banyak jurnal bidang geologi dari Indonesia yang terindeks internasional.

 

[ Adm-UIR ]