Teknik 10 Feb 2018

Dosen Teknik Geologi Lakukan Sosialisai di SMAN 4 Pekanbaru

umat 9 Februari 2018, kegiatan pengabdian kepada masyarakat menjadi salah satu kewajiban dosen Universitas Islam Riau yang tertera didalam Catur Dharma Universitas Islam Riau. Salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah sosialisasi ke sekolah-sekolah. Dosen teknik Geologi melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada siswa-siswi SMAN 4 Pekanbaru dengan tema “Sosialisasi Peran Ilmu Geologi dalam Kehidupan Sehari-hari”.

Kegiatan dilaksankan di ruang aula SMAN 4 Pekanbaru dengan peserta seluruh kelas XII berjumlah 324 orang. Dosen Teknik Geologi yang menjadi narasumber adalah Yuniarti Yuskar, ST., MT dan Dewandra Bagus Eka Putra, B.Sc (Hons)., M.Sc.

Di kalangan masyarakat awam ilmu geologi masih belum familiar, kebanyakan yang diketahui masyarakat ilmu geologi hanya ilmu yang berkaitan dengan tanah atau ilmu geografi. Sedangkan pada dasarnya banyak sekali peran ilmu geologi tidak hanya dalam bidang industri bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu perlu dilakukan sosialisai peran ilmu geologi kepada masyarakat khususnya kalangan muda sebagai generasi penerus bangsa seperti siswa-siswi Sekolah Menengah Keatas.

Dalam penyampaian sosialisasinya, Dewandra Bagus Eka Putra, B.Sc (Hons)., M.Sc. menyampaikan banyak sekali peran ilmu geologi dalam kehidupan sehari-hari seperti  pencarian airtanah, analisis tehadap kestabilan lereng, pengelolaan drainase, penentuan kualitas tanah dibidang pembangunan dan banyak lainnya.

Kegiatan ini disambut baik oleh kepala sekolah SMAN 4 Pekanbaru yaitu Hj. Nur Hafni, M.Pd. Beliau mengharapkan kegiatan seperti ini bisa jadi kegiatan rutin sehingga pembelajaran yang didapatkan oleh siswa-siswi bisa lebih aplikatif karena dilaksanakan oleh dosen yang menyampaikan ilmu sekaligus penerapan ilmu tersebut.

Antusiasme siswa-siswi SMAN 4 Pekanbaru juga sangat luarbiasa. Hal ini ditunjukkan dengan keaktifan siswa-siswi dalam bertanya dan berdiskusi tentang materi sosialisasi kepada pemateri.

[ Adm-UIR ]