Teknik 12 Feb 2018

Selesai Visitasi, Rektor Berharap Prodi PWK Teknik UIR Jadi yang ke-10 Dapat Akreditasi A

PEKANBARU - Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Fakultas Teknik Universitas Islam Riau (UIR) selesai divisitasi, Jumat (9/2/2018).

Rektor UIR, Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL, berharap Prodi PWK Teknik UIR menjadi program studi ke-10 di UIR yang mendapatkan akreditasi A.

“Saya tentunya berharap banyak Prodi PWK Teknik UIR bisa menjadi yang ke 10 di UIR yang bisa mendapatkan akreditasi A,” ujar Syafrinaldi.

Dalam visitasi yang berlangsung selam dua hari tersebut, tim asesor Badan Penilaian Akreditasi Perguruan Tinggi Negeri (BAN-PT), terdiri atas dua orang, yakni Kemas Ridwan Kurniawan (Universitas Indonesia) dan Heru Purboyo Hidayat Putro (Institut Teknologi Bandung).

Hari pertama, Kamis (8/2/2018), visitasi dilakukan kepada penijauan sarana dan prasarana, baik yang ada di universitas, fakultas maupun prodi. Adapun sarana dan prasarana yang ditinjau dalam visitasi Prodi PWK Teknik UIR diantaranya ialah laboratorium, studio kota dan permukiman, studio wilayah dan desa, ruang kelas proses belajar mengajar serta aula.

Sementara pada hari kedua, Jumat (9/2/2018), ada beberapa visitai yang dilakukan. Diantaranya visitasi borang akreditasi, serta visitasi dengan alumni dan mitra kerja yang dilanjutkan dengan temu mahasiswa Prodi PWK Teknik UIR.

Kemas Ridwan Kurniawan, salah seorang tim asesor usai kegiatan visitasi, mengatakan besar harapannya agar Prodi PWK Teknik UIR bisa menjadi salah satu prodi yang unggul ke depannya.

“Semoga harapan kita Prodi PWK Teknik UIR menjadi terbaik di universitas dan unggul di Indonesia, insyallah. Saya juga berharap agar Prodi PWK Teknik UIR bisa lebih cenderung profesional ke depannya dan bisa dimanfaatkan oleh lingkungan, bisa bermakna bagi masyarakat,” ujar Kemas.

Sementara menurut Mardianto Manan, salah seorang dosen PWK Teknik UIR, hasil penilaian berada di tangan tim asesor. Namun begitu, dirinya masih optimis prodi PWK Teknik UIR bisa mendapatkan hasil terbaik.

“Kita selalu optimis, mudah-mudahan dapat lebih baik dan lebih bagus. Namun semua tergantung penilaian kepada mereka (tim asesor),” harap Mardianto Manan seusai kegiatan visitasi.

Seperti yang diketahui, hingga kini, UIR menjadi salah satu universitas yang memiliki program studi yang cukup banyak mendapatkan akreditasi A. Terhitung hingga kini, ada 9 program studi yang telah mendapatkan akreditasi A. Adapun diantaranya, Prodi Ilmu Pemerintahan, Prodi Agroteknologi, Prodi Agrobisnis, Prodi Budidaya Perairan, Prodi Pendidikan Agama Islam, Prodi Ilmu Hukum, Prodi Manajemen Agribisnis (pasca sarjana), Prodi Ilmu Administrasi (pasca sarjana), serta Prodi Ilmu Hukum (pasca sarjana). Sementara untuk Prodi  PWK Teknik UIR, saat ini telah mendapatkan akreditasi B.

[ Humas UIR/ Bertuahpos.com ]