Teknik 13 Apr 2018

Kerjalapangan Bersama Teknik Geologi UIR dan Geologi UKM di Baratlaut Semenanjung Malaysia

Kerjalapangan bersama dilaksanakan untuk meneliti batuan tertua yang ada di semenanjung Malaysia bersama mahasiswa program geologi dari Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). UIR mengutus 4 orang mahasiswa yaitu Bayu Defitara, Hafiz Rahmat, Nurul Nabila dan Widya Puspa Dwi dengan didampingi oleh 5 orang dosen Teknik Geologi yaitu Yuniarti Yuskar ST, MT., Dewandra Bagus EP, B.Sc (Hons) M.Sc., Budi Prayitno, ST, MT., Adi Suryadi, B.Sc (Hons)., M.Sc dan Tiggi Choanji ST, MT untuk mengikuti kegiatan kerjalapangan ini. Kegiatan yang dilaksanakan selama lebih kurang satu minggu mulai dari 31 Maret 2018 hingga 7 April 2018. Kerjalapangan ini dilaksanakan dua negri yang ada di Malaysia bagian baratlaut yaitu Kedah dan Perlis. Di daerah tersebut terdapat batuan tertua yang sudah terbentuk sejak 550 juta tahun yang lalu atau dalam skala waktu geologi berusia Kambrian.

Kegiatan kuliah lapangan ini merupakan kegiatan rutin bagi mahasiswa program geologi Universiti Kebangasaan Malaysia (UKM) bagi mahasiswa semester 4 yang didampingi oleh beberapa dosen yaitu Prof. Assoc. Dr. Habibah Jamil, Puan Marialh Sarman dan Dr. Norasiah Sulaiman. Teknik Geologi UIR diundang untuk mengikuti kegiatan ini dalam rangka mempererat hubungan silaturahmi serta sebagai tindak lanjut kerjasama yang akan dilaksanakan antara dua institusi tersebut. Prof. Assoc. Dr. Habibah Jamil sebagai ketua program Geologi UKM merasa sangat senang dengan kehadiran tim dari Prodi Teknik Geologi UIR dalam kegiatan kuliah lapangan ini. “saya pernah dijemput untuk datang ke Riau oleh Teknik Geologi UIR, sekarang mereka pula yang datang ke Malaysia memenuhi jemputan kami dari Geologi UKM dan diharapkan hubungan ini dapat terus berjalan untuk memajukan kualitas pembelajaran bagi kedua belah pihak” Ujar ketua Program Geologi UKM.

Yuniarti Yuskar ST, MT sebagai Kepala Prodi Teknik Geologi UIR berharap mahasiswa dari UIR dapat mengambil ilmu dan pengalaman dari kegiatan ini. Banyak hal yang dapat dipelajari dari mahasiswa-mahasiswa UKM yang terlihat sangat antusias dan fokus ketika berada dilapangan serta pemanfaatan laboratorium yang ada di sana. “ini kesempatan yang baik bagi mahasiswa Teknik Geologi UIR untuk menimba ilmu di negri tetangga ini, disini kami dapat melihat batuan-batuan yang sangat tua dan tersingkap dengan sangat jelas yang tidak dapat dilihat di Riau bahkan di Sumatra Sekalipun” kata ketua Prodi Teknik Geologi bu Yuni.

Mahasiswa Teknik Geologi UIR merasa sangat banyak belajar di Malaysia apalagi dengan batuan yang sangat tua dan sangat jelas tersingkap. Selain dari segi keilmuan, mahasiswa juga merasa sangat beruntung bisa dipilih untuk mewakili Teknik Geologi UIR dalam kegiatan kerjalapangan bersama geologi UKM karena meraka mendapat teman-teman baru yang sangat baik dan bisa bertukar fikiran dengan mereka. “Alhamdulillah saya masih deiberi kesempatan untuk mengikuti kegitan kerjalapangan bersama geologi UKM, banyak sekali ilmu yang saya dapatkan disini dan juga teman-teman baru. Saya berharap ilmu yang didapat disini dapat diterapkan di kampus nantinya” Ujar Bayu Defitra.

[ Adm-UIR ]