Teknik 13 Mei 2018

Pengayaan Studio Permukiman Kota Bersama Wakil Ketua Intakindo Provinsi Riau

Sebagai  realisasi dari penandatanganan kerjasama antara Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota FT UIR dengan Ikatan Nasional Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (INTAKINDO) Propinsi Riau, pada hari Rabu, 9 Mei 2018, bertempat di Ruang Studio Permukiman dan Perencanaan Kota Prodi PWK FT UIR diadakan kuliah umum terkait Permukiman Kota oleh  Wakil Ketua INTAKINDO Provinsi Riau, H. Syavril Rivai.

Dalam kuliah umum tersebut, beliau menyampaikan bahwa dalam perencanaan permukiman kota terdapat permasalahan yang kompleks. Permasalahan permukiman perkotaan menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan upaya penyediaan air bersih, sistem pembuangan sampah, sistem pembuangan kotoran, air limbah, tata bangunan, saluran air hujan, penanggulangan bahaya kebakaran, serta pencemaran air, udara, dan tanah.

Disamping memberikan pengetahuan tentang permasalahan perencanaan permukiman kota saat sekarang, beliau juga mnyampaikan isu-isu terkait perkembangan pembangunan permukiman perkotaan di masa yang akan datang diantaranya; urbanisasi di daerah tumbuh cepat sebagai tantangan bagi pemerintah untuk secara positif berupaya agar pertumbuhan lebih merata; perkembangan tak terkendali daerah yang memiliki potensi untuk tumbuh; dan marjinalisasi sektor lokal oleh sektor nasional dan global.

Kepala Studio Perencanaan Wilayah dan Kota FT UIR, Febby Asteriani, ST, MT, mengkhususkan kuliah umum ini bagi mahasiswa semester 6 yang sedang mengambil mata kuliah Studio Permukiman Kota yang diasuh oleh Ir. H. Firdaus, MP. Namun tidak menutup kemungkinan bagi mahasiswa PWK lainnya yang ingin memperoleh ilmu tentang Permukiman Kota. Sebanyak 100 orang mahasiswa antusias bertanya tentang proyek studio permukiman kota yang mereka kerjakan kepada H. Syavril Rivai, yang juga praktisi dalam bidang ilmu perencanaan wilayah dan kota.

[ Adm-UIR ]