Teknik 16 Mei 2018

Perminykan UIR Fieldtrip Industri Migas ke BOB PT. BSP-PH

Perminykan UIR Fieldtrip Industri Migas ke BOB PT. BSP-PH
Sebanyak 67 orang mhs Teknik Perminyakan semester 2 melakukan kunjungan lapangan ke perusahaan minyak PT. BSP-PH pada tanggal 15 May 2016.

Kunjungan lapangan ini terdiri dari 6 gelombang dan telah di lakukan 4 gelombang kunjungan sejak beberapa minggu yang lalu ke lapangan minyak zamrud dan lapangan minyak pedada. Kunjungan terakhir ini digabungkan untuk gelombang 5 dan 6 dengan pertimbangan mhs akan melaksanakan ujian akhir semester genap TA 2017/2018. Dr. Eng. Muslim sebagai Ka. Prodi langsung mendampingi kunjungan lapangan penutup untuk tahun ajaran ini.

Penerimaan rombongan kunjungan lapangan ini dilakukan oleh pihak BOB dengan melakukan beberapa seremonial acara seperti sambutan dari Senior Operation Manager (Novi Sugianto), sambutan Ka. Prodi Teknik Perminyakan oleh Dr. Eng. Muslim, dilanjutkan pemaparan tentang kondisi BOB terkini oleh salah satu engineer BOP yaitu sdr. Haris dan sesi tanya jawab yang berlangsung selama 45 menit dimoderatori salah satu alumni Teknik Perminyakan UIR yang telah berkiprah di sana atas nama Ir. Norahmansyah.

Dalam sambutannya, Senior Operation Manager (Bpk. Novi) menyampaiakan bahwa BOB sangat mendukung Prodi Teknik Perminyakan UIR yg ada di Propinsi Riau ini. Diharapkan mhs yang mengikuti kegiatan ini dapat memanfaatkan peluang ini untuk belajar secara langsung tentang peralatan dan proses produksi serta proses pemisahaan minyak bumi di permukaan. Begitu saat sambutan yang disampaikan oleh Dr. Eng. Muslim bahwa kunjungan ini merupakan bagian dari mata kuliah pengantar industri migas. Dimana saat di kampus mhs telah mendapatkan teori dan kunjungan kelapangan merupakan hal yang perlu dilakukan untuk penyelarasan antara teori dan riilnya dilapangan. Selain itu, kunjungan lapangan ini merupakan implementasi dari MoU yang telah di tandatangani oleh pihak UIR dan BOB PT. BSP pada akhir tahun yang lalu.

Kerjasama yang akan dilakukan untuk selanjutnya adalah prodi teknik perminyakan uir akan mengirimkan Kepala Laboratorium dan Teknisi untuk melakukan pelatihan atau training beberapa hari di laboratorium BOB terkait dengan kegiatan pengukuran rutin fluid properties dari sampel minyak yg setiap harinya dilakukan analisa oleh analisis lab BOB.

Semoga kerjasama ini akan terus berjalan dengan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dan bagi prodi teknik perminyakan uir adalah meningkatkan pemahaman mhs tentang kondisi yang dihadapi di lapangan serta kondisi terkini yg terjadi.

[ Adm-UIR ]