Teknik 15 Jul 2018

Teknik Lingkungan UR Gandeng Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota UIR Adakan Pelatihan Sistem Informasi (Sig) Dasar Untuk Bidang Lingkungan

Sistem Informasi Geografis atau disingkat dengan SIG merupakan suatu metode pembuatan dan pengolahan peta. Saat ini SIG merupakan hal yang sangat penting dalam kajian multi-disiplin ilmu salah satunya adalah kajian mengenai lingkungan. Hal ini lah yang mendasari Teknik Lingkungan Universitas Riau (UR) mengadakan pelatihan SIG tingkat dasar untuk Bidang Lingkungan.

Dalam hal ini Teknik Lingkungan Universitas Riau menggandeng Program Studi Teknik Perencanaan Wilayah Kota(PWK), Universitas Islam Riau (UIR) untuk memberikan materi mengenai SIG. Dimana instruktur yang ditunjuk oleh Teknik PWK UIR adalah Idham Nugraha, S.Si. M.Sc.

“Pelatihan ini sengaja diadakan untuk meningkatkan kompetensi softskill mahasiswa tingkat akhir, agar mempermudah mereka untuk menyusun tugas akhir dan agar mahasiswa siap untuk memasuki dunia kerja” Ujar Dr.David Andrio sebagai Ketua Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Riau.

Pelatihan ini diadakan dari tanggal 8 hingga 12 Juli 2018 bertempat di Ruang Kuliah Teknik Kimia, Universitas Riau. Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang mahasiswa dengan instruktur Idham Nugraha, S.Si, M.Sc dibantu oleh 2 orang asisten dibidang pengolahan data menggunakan aplikasi SIG yaitu Rizky Ardiansyah dan Muhammad Islami Salim dan 2 orang asisten dibidang survey dasar menggunakan Global Positioning System (GPS) yaitu Mardianto Saputra dan Ryans Leorey Frananda, dimana keempat asisten ini merupakan mahasiswa Teknik PWK UIR.

Materi yang diberikan pada pelatihan ini adalah pengantar mengenai SIG, Geodatabase , penggunaan GPS dan pengolahan data menggunakan aplikasi SIG. Peserta tampak antusias mengikuti kegiatan ini dilihat dari keaktifan mereka dikelas hingga banyak yang berharap kegiatan pelatihan ini berlanjut pada masa yang akan datang. Hal ini juga diakui oleh Dr. David Andrio sebagai ketua jurusan Teknik Lingkungan  “diharapkan kegiatan ini terus berlanjut dan tidak berhenti disini, dimungkinkan kedepannya pelatihan SIG tingkat Dasar dan tingkat lanjut dapat kita adakan tentunya dengan bantuan teknik PWK UIR”. Pernyataan ini ikut diamini oleh ketua Prodi Teknik PWK UIR, Puji Astusi, S.T, M.T.

[ Adm-UIR ]