Teknik 02 Mar 2019

Prodi Teknik Perminyakan Menerima Kedatangan Tim dari Institut for Oil and Gas- University Technology Malaysia (IFOG-UTM)

Setelah kedatangan tamu dari King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) beberapa hari yang lalu, Prodi Teknik Perminyakan kedatangan tim dari IFOG-UTM dalam rangka menjajaki peluang kerjasama untuk mendapatkan funding dari pemerintah Malaysia bagi kedua belah pihak. Pihak IFOG UTM diwakili oleh Prof. Rahmad Mohsin, Assoc.

Prof Agus Arsyad dan Assoc. Prof. Moh. Zaidi Jaafar. Untuk persiapan pengusulan funding tersebut tim dari IFOG mengunjungi Prodi Teknik Perminyakan UIR dari tanggal 28 Februari sd 1 Maret 2019. Pertemuan pada hari pertama dilakukan di ruangan rapat fakultas teknik yang dipimpin oleh Dr. Eng. Muslim sebagai Ketua Program Studi Teknik Perminyakan. Peserta yang hadir dalam pertemuan tersebut diwakili unsur industri yaitu dari PT. SPR Langgak dan BOB PT. BSP-PH, perwakilan dari Pemerintah Provinsi Riau di wakili oleh Dr. Wan Sofyan Hadi dari Balitbang Provinsi Riau. Selain itu diskusi dihadiri oleh dosen teknik perminyakan UIR, teknik mesin dan Pendidikan Kimia  (FKIP).

Pertemuan tersebut membahas tentang peluang yang ada untuk dapat dilakukan penelitian khususnya renewable energy dan green technology. Salah satu hal yang dibahas adalah peluang pemanfaatan bahan alam untuk dijadikan polimer, solvent dan lainnya untuk digunakan pada industri minyak bumi khususnya di Propinsi Riau. Bahkan dalam pertemuan tersebut Dr. Wan Sofyan Hadi membawa langsung sampel bioethanol yang sudah teliti sejak beberapa tahun yang lalu sebagai BBM. Dalam hal tersebut Dr. Eng. Muslim menyampaikan bahwa bioethanol adalah solvent dan kemungkinan besar dapat digunakan untuk mengencerkan minyak yang membeku di dasar sumur maupun di surface facility di industri minyak bumi.

Setelah melakukan diskusi pada pagi harinya tim IFOG dibawa oleh Ketua Program Studi Teknik Perminyakan berkunjung ke Kantor EMP Bentu Ltd di Lantai 7 Gedung Surya Dumai. Pertemuan berlangsung dengan santai dan hangat yang diterima oleh Dr. Zulfan, Taufiq Syawier dan tim EMP Bentu lainnya. Pihak EMP menyampaikan tentang profile perusahaan serta dilanjutkan dengan diskusi selama 1,5 jam. Diharapkan pertemuan tersebut dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. IFOG yang sudah berpengalaman di bidang pelatihan gas bumi juga menjelaskan kegiatan dan pelatihan yang telah mereka berikan di perusahaan gas yang ada di semenanjung Malaysia.

Pada hari kedua pihak IFOG memberikan kuliah tamu bagi mahasiswa di Prodi Teknik Perminyakan di Aula Fakultas Teknik selama 2 jam dengan topik terkait dibidang oil and gas baik dari segi transportasi seperti bagaimana melakukan deteksi kebocoran pipa melalui simulasi dan experimental, conductive  polimer, dan monitoring eor menggunakan metode electromagnetic.

Prodi perminyakan terus melakukan kerjasama dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri. Saat Prodi Teknik Perminyakan sudah memiliki beberapa mitra di luar negeri yg meliputi Sejong dan Inha University (Korea Selatan), Kyushu University (Jepang), HCMUT (Vietnam), UTP dan UTM (Malaysia), dan KAUST (Arab Saudi), Dalam tahun 2019 ini Prodi Teknik Perminyakan akan mengirimkan beberapa mahasiswa ikut internship program di Kyushu University (Jepang), Inha University (Korea Selatan), KAUST (Arab Saudi), UTP (Malaysia), dan semoga intership program dapat juga di lakukan di UTM jelas Dr. Muslim yang akan mengunjungi Sejong dan Inha University pada pertengahan April ini sebagai dosen tamu di kedua Universitas tersebut. Dalam waktu dekat ini Program Studi Perminyakan akan menjalin kerjasama dengan Chulalongkorn University di Thailand. Kami berusaha melakukan kerjasama dengan berbagai pihak di negara-negara ASEAN serta Asia Pasifik untuk mendukung visi UIR menjadi Universitas yang unggul di Asia Tenggara pada tahun 2020. 

Semoga visi UIR tersebut yang hanya dalam hitungan bulan tersebut dapat tercapai secara maksimal.

[ OP IT-TEKNIK. ]