Teknik 06 Sept 2019

PELATIHAN PENGENALAN APLIKASI PENGOLAH KATA UNTUK SISWA SMPN 2 KUALA KAMPAR DALAM RANGKA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PRODI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS ISLAM RIAU.

SMPN 2 Kuala Kampar merupakan salah satu SMPN yang berada di desa Muara Jalai, Kecamatan Kampar Utara, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Siswa pada SMPN ini tidak bisa memaksimalkan pengetahuan komputernya karena keterbatasan sarana dan prasarana yaitu tidak adanya labor komputer. Untuk itulah diadakan pelatihan penggunaan komputer pengenalan aplikasi pengolah kata untuk meningkatkan pengetahuan siswa mewujudkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada Masyarakat. Pengabdian ini melibatkan anggota sebanyak 5 orang yaitu Ana Yulianti, ST., M.Kom, Ause Labellapansa, ST., M.Cs., M.Kom, Rizdqi Akbar Ramadhan, M.Kom., CHFI, Fikri Agustian dan Muhammad Nur Subahan beserta mahasiswa Himpunan Prodi Teknik Informatika (HimaTIF) yang sedang mengadakan kegiatan perkemahan di daerah tersebut.

Materi yang disampaikan mengenai aplikasi pengolah kata untuk menambah pengetahuan siswa Menurut Wikipedia Aplikasi (Perangkat lunak) pengolah kata  adalah suatu aplikasi komputer  yang digunakan untuk produksi (termasuk penyusunan, penyuntingan, pemformatan, dan kadang pencetakan) segala jenis bahan yang dapat dicetak. Contoh perangkat lunak pengolah kata adalah Microsoft Office Word  dan OpenOffice org Writer. Keterbatasan jumlah laptop yang digunakan tidak mengurangi antusias siswa/i dalam mengikuti pelatihan. Program kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar sesuai dengan jadwal dan pihak sekolah SMPN 2 Kuala Kampar menerima kegiatan ini dengan baik dan Prodi TI mengajukan kerjasama untuk program ke depannya.

[ OP-IT F. TEKNIK UIR. ]