Teknik 07 Sept 2019

Kunjungan Teknik Informatika Uir Ke Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh Dengan Tema Pengembangan Iot Terhadap Meningkatnya Kebutuhan Pada Masyarakat.

Kunjungan dalam skema PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Universitas Islam Riau (UIR) kali ini diadakan di Sekolah Tinggi Teknologi Kabupaten Payakumbuh Sumatera Barat pada Jumat, 19 Juli 2019. Dalam kunjungan kali ini responden yang dalam hal ini adalah dosen, mahasiswa dan mahasiswi Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh menyambut antusias tema seminar terkait teknologi ini. Menurut salah satu peserta mengatakan "IoT merupakan teknologi yang dapat merubah kehidupan banyak manusia". Siswa lainnya mengatakan bahwa "IoT adalah penunjang kehidupan manusia sehari-hari".

Dalam materi berdurasi 90 Menit yang dibawakan oleh pengisi materi yaitu Bapak Panji Rachmat Setiawan, S.Kom., MMSI yang merupakan salah satu dosen di Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika ini berisi tentang Internet of Things (IoT) dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari – hari serta apa saja pengembangan IoT yang sudah dilakukan pada zaman sekarang ini. Sang Dosen mengatakan bahwa "Kita berada pada pergeseran peradaban dan ini bisa berdampak Positif maupun Negatif terikat bagaimana cara kita sebagai manusia berinteraksi satu sama lain baik sesama manusia maupun manusia dan mesin".

Lantas apa yang dimaksud dengan Internet of Things (IoT) itu sendiri? Secara singkat, pengertian Internet of Things (IoT) adalah suatu konsep dimana objek tertentu mempunyai kemampuan untuk mentransfer data lewat jaringan tanpa memerlukan adanya interaksi dari manusia ke manusia ataupun dari manusia ke perangkat komputer. Bisa dibilang IoT memiliki kemampuan yang bermacam – macam seperti berbagi data, menjadi remote control, dan masih banyak lainnya. Dan juga fungsi dari IoT ini dapat diterapkan kepada benda yang ada di sekitar kita, seperti dalam pengolahan pangan, elektronik, dan berbagai mesin atau teknologi lainnya yang tersambung ke jaringan lokal maupun global lewat sensor yang tertanam dan selalu menyala aktif. Dalam penutup seminar ini Dosen berkata "Dunia saat ini memang tengah mencermati perkembangan dari teknologi IoT ini secara saksama. Berjuta peluang ada di situ, tapi di sisi lain terdapat berjuta tantangan yang harus dihadapi". Tegasnya.

[ OP-IT F. TEKNIK UIR. ]