Teknik 05 Okt 2019

DOSEN PRODI TEKNIK GEOLOGI UIR, SOSIALISASI EKSPLORASI POTENSI GEOLOGI DAERAH SAWAHLUNTO

(1 April 2019), Potensi Geologi di setiap daerah berbeda – beda, hal inilah yang harus terus digali agar para penerus bangsa mengetahui kekayaan alam di tempatnya. Maka terkait hal tersebut, Prodi Teknik Geologi melakukan penyuluhan terkait bagaimana dan apa saja yang dapat dilakukan untuk menggali potensi geologi yang begitu luas kepada siswa – siswi SMKN 2 Sawahlunto yang memilih bidang geologi, Sumatra Barat.

Sawahlunto merupakan daerah yang dulu nya terkenal sebagai daerah penghasil batubara terbesar di Sumatra dan kini menjadi salah satu keunikan dari daerah Sawahlunto sehingga Daerah tersebut telah ditetapkan sebagai salah satu Taman Geologi Nasional (Geopark Nasional). Hal ini lah yang menjadi salah satu daya tarik Daerah Sawahlunto secara Geologi maka dengan adanya sosialisasi kepada masyarakat akan menambah wawasan masyarakat terhadap kekayaan geologi yang dimiliki oleh daerahnya.

“ Materi ini memang sangat diperlukan bagi siswa – siswi terutama mereka yang memang minat terhadap geologi dan berusaha untuk memperkaya khasanah/ilmu meraka di bidang ini, sehingga sudah menjadi kewajiban kami untuk memberikan arahan agar mereka semakin semangat mengembangkan daerahnya pada masa yang akan datang“ ujar Tiggi Choanji., ST., MT selaku dosen geologi yang sekaligus menjadi ketua dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari serangkaian acara yang memang rutin dilakukan oleh Prodi Teknik Geologi yaitu kegiatan pemetaan geologi yang dilaksanakan oleh mahasiswa dan juga dosen Prodi Teknik Geologi UIR di Daerah Sawahlunto dan sekitarnya. Selain itu, pada kegiatan sosialisasi ini juga turut serta Ketua prodi Teknik Geologi (Yuniarti Yuskar ST., MT) dan juga kepala Laboratorium Teknik Geologi (Budi Prayitno ST., MT).

[ OP-IT F. TEKNIK UIR. ]