Teknik 21 Apr 2021

STUDIUM GENERAL : RURAL AND REGIONAL DEVELOPMENT PRACTICES IN MALAYSIA

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Islam Riau (UIR), Pekanbaru, Indonesia bekerjasama dengan Centre of Studies for Town and Regional Planning Universiti Teknologi Mara (UiTM), Perak Branch, Seri Iskandar Campus, Malaysia, menggelar kegiatan Kuliah Umum dengan tema Rural and Regional Development Practices in Malaysia oleh Dr. Mohd.Fadzil Abdul Rashid  dari UiTM. Kegiatan berlangsung pada Rabu, 21 April 2021 secara daring selama lebih kurang 3 jam (08.00 sd 11.00 WIB). Peserta kuliah umum adalah mahasiswa dan dosen Prodi PWK FT UIR, mahasiswa Town and Regional Planning UiTM, instansi pemerintah, swasta, dan civitas akademik fakultas teknik UIR pada umumnya karena materi ini terkait juga dengan beberapa prodi lain di fakultas teknik dan sebagai pengalaman bagi pihak lain.

Dr. Mohd.Fadzil Abdul Rashid  memaparkan tentang kebijakan pelaksanaan pembangunan di Malaysia, peningkatan pertumbuhan ekonomi, empowering bumiputera economic community, poverty in Malaysia, serta contoh-contoh nyata di Malaysia. Proses perencanaan pembangunan regional di Malaysia, dengan referensi khusus pada sejauh mana perbedaan kesejahteraan regional dan strategi regional yang ditujukan untuk memerangi masalah tersebut, penekanan pada prioritas yang melekat pada perencanaan pembangunan daerah di Malaysia dan mengidentifikasi berbagai strategi yang telah diadopsi untuk mencapai tujuan pembangunan daerah. Strateginya meliputi: sumber daya dan pengembangan lahan baru; pembangunan pedesaan; pertumbuhan industri; urbanisasi pedesaan; dan penciptaan pusat pertumbuhan baru. 

Kegiatan kuliah umum di buka oleh Wakil Dekan 3 FT UIR, Akmar Effendi, S.Kom, M.Kom, yang mengharapkan tercipta kelanjutan kerjasama dari kegiatan tersebut. Ketua Prodi PWK, Puji Astuti, ST, MT menjelaskan bahwa tema ini penting bagi mahasiswa Prodi PWK karena mahasiswa dapat memperkaya ilmu perencanaan wilayah dan kota khusunya regional planning, dan mendapat pengayaan dari pengalaman-pengalaman internasional dari negara tetangga Malaysia. Bertindak sebagai moderator dalam kuliah umum, Dr. Apriyan Dinata, M.Env, yang memandu arah kuliah umum dengan baik sehingga muncul banyak tanggapan dan pertanyaan baik dari pihak dosen maupun mahasiswa. Partisipasi Himpunan Mahasiswa Planologi sebagai pelaksana kegiatan, sangat membantu kelancaran kuliah umum.Dalam kuliah tersebut juga didiskusikan beberapa hal terkait dengan kerjasama dengan UiTM Perak untuk colaboration research, student exchange, pertukaran dosen, dan kesempatan untuk melanjutkan post graduate bagi mahasiswa PWK UIR.

 

[ ADMIN F. TEKNIK UIR. ]