Teknik 15 Jun 2021

Dua Mahasiswa Prodi teknik Mesin UIR Rancang Bangun Lemari Asam Portable Tanpa Sentuhan Sebagai Antisipasi Pencegahan Penularan Covid-19 dikalangan Pengguna Labor

Antisipasi penyebaran covid-19 di lingkungan Kampus Universitas Islam Riau dan SMA YLPI Riau. Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau telah menciptakan Lemari Asam (Fume Hood) tanpa sentuhan. Lemari asam sangat diperlukan di laboratorium untuk menyedot abu, uap bahan kimia sampai dropped air ludah ketika berbicara yang kemungkinan mengandung virus terutama Covid-19 yang sudah dua tahun melanda Indonesia. Dua orang Mahasiswa tugas akhir atas nama Abdul Khadir Zaki dan Sapta Satria Darmawan dibawah bimbingan Bapak Dr. Dedikarni, telah berhasil merancang dan membuat lemari asam portable dengan tiga kecepatan hisapan udara tanpa menyentuh tombol-tombolnya untuk menghindari penularan Covid-19 melalui jari-jari mahasiswa yang sedang praktikum. Lemari asam ini juga rencananya juga akan disumbangkan ke SMA YLPI Riau sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat terutama untuk mencegah penularan Covid -19 dikalangan Siswa SMA yang sedang praktikum di laboratorium.

Untuk mengoptimalkan upaya pencegahan penularan Covid-19 di lingkungan laboratorium Prodi Teknik Mesin.  Selain mematuhi Prokes, Kepala labor dan pembimbing Mahasiswa tersebut juga meminta kepada seluruh mahasiswa yang mau melakukan praktikum yang melibatkan bahan kimia berbahaya untuk melakukannya didalam lemari asam untuk mencegah terpapar uap bahan kimia dan Covid-19.

[ ADMIN F. TEKNIK UIR. ]