Teknik 18 Jun 2021

Silaturahmi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Rokan Hulu dengan Fakultas Teknik Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengimbau agar setiap daerah menyusun Rencana Pembangunan Industri Kabupaten/Kota (RPIK) yang sesuai ketentuan, dimana penyusunan mempertimbangkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) termasuk keserasian dan keseimbangan antara kegiatan sosial ekonomi dan daya dukung lingkungan (antaranews.com, 24 Februari 2021). Berdasarkan amanat Undang-Undang No.13 Tahun 2014 tentang Perindustrian, setiap kabupaten/kota menyusun RPIK yang salah satunya mempertimbangkan RTRW termasuk keserasian dan keseimbangan antara kegiatan sosial, ekonomi, dan daya dukung lingkungan.

Terkait dengan hal tersebut Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Rokan Hulu dan Fakultas Teknik Universitas Islam Riau khususnya Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, pada Hari Rabu, 16 Juni 2021, bertempat di Ruang Sidang Lt 2 Fakultas Teknik, mengadakan silaturahmi dan diskusi tentang RPIK tersebut. Pada pertemuan tersebut, Dekan Fakultas Teknik Dr. Eng. Muslim, MT dan Kepala Disperindag Kab. Rokan Hulu Drs. Hen Irfan, M.Si, bersepakat akan melakukan kerjasama terkait Penyusunan Rencana Pembangunan Insdustri Kabupaten (RPIK) Rokan Hulu 2021-2041. Fakultas Teknik UIR akan memfasilitasi kebutuhan-kebutuuhan terkait tenaga ahli untuk kegiatan tersebut terutama dari Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota FT UIR yang memang mempunyai kapasitas dalam melakukan kajian tentang perencanaan kawasan industri.

[ ADMIN F. TEKNIK UIR. ]