Sejarah Teknik Geologi

Dasar pemikiran pendirian Program Studi Teknik Geologi dimulai dari adanya salah satu program studi yang dapat melengkapi dan memperkuat keberadaan satu sama lain pada Fakultas Teknik Universitas Islam Riau. Sasaran oriented market base yang masih terbuka lebar di Provinsi Riau dan Sumatra Barat serta menimbang banyaknya fenomena ke-geologian sehingga perlu adanya pengembangan ilmu geologi sebagai upaya langkah kerjasama dan juga penerangan bagi masyarakat khususnya di Provinsi Riau. Berangkat dari sasaran oriented market base, maka sasaran pendukungnya ada pada oriented product base sehingga program induk dapat di realisasikan dengan tetap memperhitungkan resiko dan biaya operasional pada saat itu.

Tokoh pengagas utama pendiri Program Studi Teknik Geologi strata (S1) dicetuskan oleh Prof. Dr. Ir. H. Sugeng Wiyono.,M.MT., selaku Pimpinan Fakultas Teknik periode 2012 - 2016. Tokoh penggagas utama lainnya oleh Dr. Husnul Kausarian, B.Sc., M.Sc, Ph.D yang pada saat itu bertanggungjawab penuh atas penyusunan berkas persyaratan ijin oprasional penyelenggaran pendidikan dari dirjendikti No. 353/E/O/2012 pada tanggal 8 Oktober 2012. Sedangkan Tokoh pendukung utama, sehingga proses akademik dapat dijalankan sesuai standar penyelenggaran pendidikan oleh Prof. Dr. H. Detri Karya, SE., M.A. selaku Rektor Universitas Islam Riau dan dibawah pengawasan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam oleh Prof. Dr. Amir Hasan., MS., SE., MM., CPA., CA.

Proses akademik pada Program Studi Teknik Geologi untuk pertama kalinya dibuka mulai dari T.A 2012/2013 dengan jumlah peserta 22 mahasiswa aktif, dan sekaligus mempersiapkan berkas pengajuan akreditasi perdana menuju peringkat terakreditasi C berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 013/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2015. Tantangan terbesar pada saat setelah akreditasi perdana adalah penataan sistem organisasi induk program studi dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap jaminam mutu yang dijalankan, maka salah satu langkah strategis yang diambil adalah upaya re-akreditasi menuju peringkat terakreditasi B berdasarkan keputusan BAN-PT No. 1622/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019. Komitmen kerjasama antara program studi dengan pihak swasta sebagai upaya menjalin kerjasama dan pengembangan pendidikan level nasional-internasional telah dilakukan pada PT. Chevron Pacific Indonesia (PT. CPI)., Center For Environmental Remote Sensing, Chiba University, Jepang, dan Hansung Heavy Industri, Korea Selatan dan kerjasama lainnya. Sedangkan komitmen perbaikan jaminan mutu akademik, program studi terus melakukan pembangunan bidang sumberdaya manusia dan pengembangan fasilitas laboratorium; Lab Geologi Dasar, Pengindraan Jauh, Geologi Teknik dan Geokomputasi.

Tampuk pimpinan selama proses akademik periode berlangsung dipimpin oleh Yuniarti Yuskar, ST., MT selaku Ketua Program Studi Teknik Geologi dan Dewandra Eka Bagus Putra., B.Sc., M.Sc selaku Sekretaris Program Studi Teknik Geologi. Dan saat ini, kepemimpinan baru pada periode 2020-2024 mempunyai tantangan tersendiri, yakni mampu mencetak alumni geologi yang kompetitif, inovatif dan berwawasan islami pada level nasional dan internasional. Adapun jabatan Ketua dan Sekretaris Program Studi Teknik Geologi oleh Budi Prayitno,. ST., MT dan Adi Suryadi., B.Sc., M.Sc.

Visi Program Studi Teknik Geologi

"Menjadi Program Studi Teknik Geologi berwawasan Islam yang unggul dan terkemuka dibidang ilmu kebumian dan inovasi teknologi penginderaan Jauh di Asia Tenggara pada tahun 2020"

Misi Program Studi Teknik Geologi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang energi, hidrogeologi dan keteknikan serta sumberdaya mineral yang kreatif, inovatif, islami dan berwawasan lingkungan serta berkesesuaian dengan perkembangan teknologi mutakhir.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian yang aplikatif dan inovatif dibidang ilmu kebumian dengan memanfaatkan teknologi penginderaan jauh dalam pembangunan skala lokal, nasional dan internasional.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dibidang ilmu kebumian dengan memanfaatkan teknologi penginderaan jauh dalam pembangunan skala lokal, nasional dan internasional
  4. Menyelenggarakan serta mengembangkan sistem kelembagaan dan tata pamong yang berorientasi pada mutu dan profesionalisme yang sesuai dengan perkembangan terkini dan didasari oleh nilai-nilai islami.
  5. Meningkatkan kemitraan yang berkelanjutan di bidang bidang pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan perguruan tinggi, dan para pengguna atau stakeholdersdi tingkat lokal, nasional dan internasional.
  6. Menjalankan kegiatan pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang berlandaskan nilai - nilai dakwah islamiyah.

Tujuan dan Sasaran Program Studi Teknik Geologi

  1. Menghasilkan lulusan berkualitas dan profesional di bidangnya, berakhlak islami, dan mampu bersaing secara global.
  2. Menyiapkan lulusan yang dapat mengaplikasikan pengetahuan geologi untuk menggali dan memanfaatkan potensi sumberdaya energi, mineral, keteknikan dan hidrogeologi yang berwawasan lingkungandengan menguasai perkembangan teknologi terbaru.
  3. Menghasilkan penelitian dan pengembangan ilmu geologi berbasis teknologi penginderaan jauh khususnya bidang sumberdaya energi, mineral dan keteknikan dan hidrogeologi.
  4. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat untuk membantu permasalahan-permasalahan yang dialami oleh masyarakat khususnya dalam bidang ilmu geologi.
  5. Menghasilkan publikasi-publikasi yang berskala lokal, nasional hingga internasional di jurnal dan prosiding yang bereputasi.
  6. Terwujudnya kerjasama dibidang pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai instansi pemerintahan atau swasta, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
Sasaran PSTG-FT-UIR merupakan tujuan yang akan dicapai dalam mewujudkan sumber daya secara optimal. Berikut sasaran PSTG-FT-UIR berdasarkan berdasarkan bidang-bidang tertentu yaitu:
Bidang pendidikan dan pengajaran:
  1. Meningkatkan kualitas sistem belajar mengajar dengan berbagai strategi yang lebih efisien.
  2. Mampu menerapkan ilmu geologi khususnya dalam teknologi penginderaan jauh sesuai denga kebutuhan masyarakat.
  3. Mampu meningkatkan kemampuan untuk memanfaatkan sumber daya alam dengan sumberdaya manusia yang mumpuni.
  4. Memiliki kemampuan berbahasa inggris disertai dengan bukti sertifikat (TOEFL ITP>450)
  5. Memiliki kapabilitas dalam membaca dan menghafal al-quran.
Bidang Penelitian:
  1. Mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dibidang ilmu geologi terutama dalam pemanfaatan teknologi penginderaan jauh.
  2. Mampu meningkatkan pendanaan penelitian baik skala lokal, hibah dikti dan hibah internasional.
  3. Mampu menyelenggarakan penelitian untuk menghasilkan teknologi tepat guna di bidang Geologi yang berguna bagi masyarakat luas.
  4. Menghasilkan penelitian yang berkualitas dan meningkatkan publikasi berskala nasional dan internasional.
Bidang Pengabdian kepada Masyarakat:
  1. Mampu menjalin komunikasi dan bersosialisasi secara efektif di masyarakat dengan menjunjung tinggi etika dan akhlak islami.
  2. Mampu membantu permasalahan yang dialami oleh masyarakat dalam bidang ilmu geologi.
  3. Mampu mengaplikasikan teknologi tepat guna dalam bidang geologi untuk memenuhi keperluan dan kebutuhan masyarakat.
  4. Meningkatkan pemahaman masyarakat tentang ilm geologi yang sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari seperti tentang sumberdaya alam, kebencanaan dan sebagainya.

Galeri Kegiatan

Bootstrap template

Kegiatan Fieldtrip geologi pada matakuliah petrologi Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota Sumatra barat

Bootstrap template

Kegiatan mahasiswa pada bidang penelitian dan pengembangan geologi

Bootstrap template


Komitmen kerja sama pada bidang industri antara program studi teknik geologi dengan PT. Sarana Pembangunan Riau - Langgak

Bootstrap template

Komitmen kerja sama pada bidang Pengabdian Masyarakat antara program studi teknik geologi dengan KHDTK Bukit Suligi

Bootstrap template

Komitmen kerja sama pada bidang pembangunan sumberdaya manusia antara program studi teknik geologi - uir dengan Chiba University

Bootstrap template

Kegiatan mahasiswa pada bidang ke-agamaan dan dakwah islamiyah

Kerjasama Program Studi Teknik Geologi

Prodi Teknik Geologi Universitas Islam Riau telah melakukan berbagai kerja sama dalam bidang peningkatan pendidikan dan pengembangan kompetensi dengan berbagai universitas / instansi / Perusahaan, diantaranya :

  1. Center For Environmental Remote Sensing, Chiba University, Jepang
  2. Universiti Kebangsaan Malaysia, Malaysia
  3. Chiba University, Jepang
  4. University Teknologi Petronas, Malaysia
  5. Universiti Teknologi MARA Perlis, Malaysia
  6. Hansung Heavy Industri, Korea Selatan
  7. Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI)
  8. Institut Teknologi Bandung
  9. Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjajaran
  10. Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta
  11. PT Chevron Pacific Indonesia (PT.CPI)
  12. PT. Bumi Siak Pusako
  13. PT. Sarana Pembangunan Riau, Langgak
  14. PT GDA Consultant, Jakarta
  15. Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pekanbaru
  16. Dinas Pendidikan Provinsi Riau
  17. Pemerintah Kabupaten Bengkalis
  18. SMA Negeri 8 Pekanbaru
  19. SMA Negeri 1 Pekanbaru
  20. SMKN 5 Pekanbaru
  21. SMK Migas Bumi Melayu Riau

Daftar Data Publikasi Prodi Teknik Geologi

Lihat Detail

Kurikulum Prodi Teknik Geologi

Jumlah SKS minimum yang harus ditempuh sebagai syarat kelulusan di Prodi Teknik Geologi adalah sebanyak 148 sks, yang tersusun sebagai berikut:

Jenis Mata Kuliah
(1)
SKS
(2)
Keterangan
(3)
Mata Kuliah Wajib
138
Mata kuliah umum dan mata kuliah pembidangan
Mata Kuliah Pilihan
10
Wajib diambil 10 SKS dari 26 SKS yang disediakan
Jumlah Total
148

Ket : Tabel diatas merupakan informasi jumlah SKS yang diterapkan saat ini.

Berdasarkan SK Rektor UIR : 349/UIR/KPTS/2015 Tentang Kurikulum Program Studi Teknik Geologi Fakultas Teknik UIR, Jumlah mata kuliah yang ditawarkan sebanyak 54 mata kuliah dengan total jumlah SKS sebesar 148 SKS, sedangkan rincian sks mata kuliah wajib sebanyak 238 sks dan mata kuliah pilihan sebanyak 26 SKS, dari jumlah total mata kuliah pilihan yang disajikan mahasiswa wajib mengambil minimal 10 SKS untuk memenuhi syarat kelulusan sebesar 148 sks. Mata kuliah pilihan yang ditawarkan sebanyak 26 mata kuliah.

Tabel Mata Kuliah yang disajikan bagi Mahasiswa selama menempuh perkuliahan pada Jenjang S1 di Program Studi Teknik Geologi Fakultas Teknik UIR dapat diunduh disini

Struktur Organisasi
Program Studi Teknik Geologi

Tabel Daftar Dosen Teknik Geologi

Lihat Detail Tabel

Kontak Kami Prodi Teknik Geologi

Silahkan menghubungi kami melalui alamat dibawah ini:

PROGRAM STUDI TEKNIK GEOLOGI
Fakultas Teknik Universitas Islam Riau
Gedung A Fakultas Teknik Jl. Kaharuddin Nasution No 113 Pekanbaru, Riau 28284

Email : geology@uir.ac.id
Web : http://eng.uir.ac.id/web/theme/uir/teknik_geologi/index.html