Sejarah Teknik Geologi

Prodi Teknik Geologi merupakan Prodi paling bungsu di Fakultas Teknik UIR dan merupakan satu-satunya Prodi Teknik Geologi yang ada di daerah Riau. Prodi Teknik Geologi adalah Prodi yang mempelajari sejarah bumi melalui kenampakan permukaan dan bawah permukaan, proses yang berlangsung, batuan dan struktur bumi serta aplikasinya untuk menggali semua potensi yang ada didalam bumi baik sumber daya geologi (resources) maupun potensi bencana alam geologi (geological hazard). Prodi Teknik Geologi UIR berdiri pada tahun 2012 dengan pertimbangan Universitas yang ada di daerah Riau masih belum memiliki Prodi Teknik Geologi sedangkan bumi Riau sangatlah kaya sehingga dibutuhkan sarjana-sarjana Teknik Geologi untuk mengelola kekayaan tersebut. Prodi Teknik Geologi dibuka pada tanggal 8 Oktober 2012 dengan nomor SK pendirian 353/E/O/2012. Prodi Teknik Geologi (S1) berakreditasi C oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (SK No.013/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2015.

Visi Program Studi Teknik Geologi

"Mewujudkan Program Studi Teknik Geologi yang mampu mencetak lulusan yang cerdas, energik, kreatif, inovatif, islami dan berwawasan lingkungan serta terkemuka di Asia Tenggara 2020"

Misi Program Studi Teknik Geologi

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu, professional dan islami sesuai dengan kebutuhan dunia usaha, pemerintah dan lingkungan masyarakat.
  2. Mengembangkan penelitian dan kegiatan inovatif yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang relevan dengan kebutuhan pembangunan dan industri khususnya industri migas, pertambangan dan batubara.
  3. Meningkatkan pemahaman masyarakat tentang keberadaan dan manfaat ilmu kebumian, teknologi sumber daya mineral, dan energi dalam pembangunan nasional.
  4. Mengembangkan dan memanfaatkan potensi sumber daya energi dan bahan tambang secara bijaksana dan tepat guna.
  5. Mengembangkan dan memanfaatkan potensi bahan tambang secara bijaksana.
  6. Meningkatkan kemitraan dengan para pengguna atau stakeholders yang berhubungan dengan eksplorasi dan eksploitasi kekayaan sumber daya mineral dan energi untuk modal pembangunan nasional.

Kajian Unggulan

Kajian unggulan yang dimiliki oleh Prodi Teknik Geologi yang sedang dilaksanakan maupun yang masih dalam tahap perencanaan yaitu:

  1. Pemanfaatan Air Tanah secara tepat terutama di daerah Gambut
  2. Pemetaan dengan pemnafaatan satelit (Penginderaan Jauh)
  3. Potensi Geowisata di Daerah Riau
  4. Pengkajian potensi sumberdaya energi dan mineral di Daerah Riau

Tonggak Ukur Pencapaian Visi Misi

Untuk mencapai visi dan misi program studi Teknik Geologi maka dibuat Program Kerja sebagai berikut :

  1. Peningkatan kualitas dosen melalui tugas belajar S3 serta pelatihan dosen sesuai bidang keahlian.
  2. Penyesuaian Kurikulum Teknik Geologi menjadi Kurikulum berbasis kompetensi dan penyesuaian bidang keahlian yang disajikan dalam kurikulum sesuai dengan kebutuhan stakeholders di Daerah Riau khususnya, nasional hingga ke persaingan kerja tingkat global.
  3. Penambahan jumlah dosen sehingga memenuhi standar perbandingan dosen dan mahasiswa (1:20).
  4. Penambahan buku-buku (text book), jurnal internasional dan jurnal nasional, dan prosiding nasional dan internasional.
  5. Peningkatan sarana dan prasarana laboratorium.
  6. Mendorong semua staff pengajar untuk terus membuat karya-karya ilmiah ( jurnal dan prosiding nasional dan internasional ).
  7. Meningkatkan program-program pengabdian kepada masyarakat dengan biaya dari luar ataupun dari UIR sendiri.
  8. Mendorong agar setiap matakuliah keahlian agar melakukan kegiatan field trip.
  9. Melaksanakan wirid pengajian dan mentoring alqur'an dalam rangka pelaksanaan dakwah islamiah.

Kurikulum Prodi Teknik Geologi

Kurikulum Prodi Teknik Geologi Fakultas Teknik Universitas Islam dengan Profil Lulusan Prodi Teknik Geologi mengacu pada Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) Tahun 2012 (UUPT no. 12/2012 dan KKNI Perpres no.8/2012). Profil lulusan Program Studi Teknik Geologi S1 terdiri atas :

  1. Ahli Muda Geologi Energi (Migas dan Batubara)
  2. Ahli Muda Geologi Mineral Eksplorasi
  3. Ahli Muda Keteknikan Geologi dan Hidrogeologi


Data kurikulum Prodi Teknik Geologi dapat dilihat di bawah ini

  1. Daftar Mata Kuliah Prodi Teknik Geologi Download Disini
  2. Profil Lulusan Prodi Teknik Geologi Download Disni
  3. Struktur Kurikulum Prodi Teknik Geologi Download Disini

Tabel Daftar Dosen Teknik Geologi

Lihat Detail Tabel