Sejarah Teknik Mesin

Program Studi Teknik Mesin Universitas Islam Riau didirikan pada tahun 1984. Tepatnya pada tanggal 14 maret 1984 oleh kopertis wilayah 1 Medan dengan nomor surat 064/SK/KOP.1/1984. Pendirian ini didasari oleh kenyataan bahwa industri sangat berkembang di Daerah Riau sehingga membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk dapat mengisi kesempatan kerja yang tersedia. Sedangkan pada saat itu, di Daerah Riau belum ada perguruan tinggi yang mempunyai Program Studi Teknik Mesin. Hal inilah yang melatar belakangi beberapa orang pegawai PT.Caltex Pasific Indonesia (CPI) dan Staf dosen Fakultas Teknik Universitas Islam Riau berinisiatif untuk mendirikan Program Studi Teknik Mesin.

Sejak didirikan sampai saat ini Program Studi Teknik Mesin Universitas Islam Riau terus melakukan upaya perbaikan baik dari pengembangan sarana dan prasarana, peningkatan dan pengembangan kualitas SDM, perbaikan sistem pembelajaran dan perubahan kurikulum. Hal tersebut dilakukan untuk mencapai visi, misi dan tujuan program studi

Visi Program Studi Teknik Mesin

Menjadi Program Studi Teknik Mesin yang unggul dan terkemuka di Asia Tenggara dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada tahun 2020"

Misi Program Studi Teknik Mesin

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan sistem pendidikan dan pengajaran secara profesional, berstandar mutu dan dinamis sesuai dengan perkembangan IPTEK.
  2. Melakukan penelitian dalam rangka mengembangkan keilmuan bidang teknik mesin dan membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan kegiatan aplikatif bidang teknik mesin dimasyarakat untuk meningkatkan wawasan bidang teknik mesin guna peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal, nasional dan internasional.
  4. Meningkatkan dan mengembangkan sistem kelembagaan yang berorientasi pada mutu dan profesionalisme atas dasar nilai-nilai Islami
  5. Menjalin kerjasama yang berkesinambungan pada bidang pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan perguruan tinggi, pemerintah dan industri baik tingkat lokal, nasional maupun internasional.

Kajian Unggulan

  1. Energi Alternatif (Energi Surya, Energi Angin, Energi Biomassa)
  2. Material Komposit, Shape Memory Alloys,
  3. Tribology, Failure Analysis

Tonggak Ukur Pencapaian Visi Misi

  1. Memiliki kurikulum dan kelengkapan kurikulum yang standar dan sesuai dengan tuntutan Stake Holder
  2. Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai untuk kegiatan akademik dan kemahasiswaan.
  3. Sumber Daya Manusia Profesional sesuai bidang keahlian
  4. Kualitas lulusan memenuhi kualifikasi akademik yang kompetitif.
  5. Kuantitas dan kualitas penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi ilmiah dibidang teknik mesin yang memenuhi standar ilmiah baik tingkat Nasional maupun Internasional.

Kurikulum Prodi Teknik Mesin

Data Kurikulum Teknik Mesin Dapat dilihat pada Link dibawah ini:

  1. Kurikulum Prodi Teknik Mesin Download Disini

Tabel Daftar Dosen Teknik Mesin

Lihat Detail Tabel