Sejarah Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota

Program Studi Perencanaan Wilayah Dan Kota didirikan berdasarkan izin Direktorat Pendidikan Tinggi Depdiknas Nomor: 2688/D/T/2006 tertanggal 12 Juli 2006. Untuk menjawab tantangan atas persoalan-persoalan perencanaan dan pengembangan pedesaan, perkotaan, maupun wilayah. Diantaranya adalah permasalahan lingkungan yang terjadi dalam kawasan perkotaan maupun kawasan pedesaan. Masalah lingkungan tersebut selalu terjadi berulang, antara lain ; masalah kabut asap akibat pembakaran lahan untuk kawasan perkebunan, pencemaran air dan udara, banjir dan tanah longsor serta tumbuhnya permukiman liar. Di kota, muncul konflik pemanfaatan ruang antara manusia dengan manusia seperti kasus penggusuran pedagang kaki lima. Sedangkan di desa timbul pula konflik antara manusia dengan hewan seperti sekelompok harimau atau sekawanan gajah yang menyerang lokasi permukiman manusia.

Selain itu, minimnya wawasan atau pemahaman masyarakat akan arti penting ilmu penataan ruang telah berdampak pula pada kurangnya pemahaman dan peran-serta masyarakat dalam kegiatan perencanaan ruang. Dalam era otonomi daerah, maka pengawasan aktif terhadap implementasi program-program pembangunan juga sangat diperlukan terutama oleh masyarakat lokal. Dalam proses pembangunan sangat diperlukan partisipasi dari segenap stakeholders. Partisipasi akan muncul bila masyarakat telah memahami posisi dan kapasitasnya masing-masing untuk mengisi pembangunan. Sementara peningkatan kapasitas atau kemampuan individual merupakan proses pembelajaran untuk menambah wawasan keilmuan masyarakat pada umumnya. Lembaga pendidikan merupakan salah satu komponen penggerak pembangunan bangsa untuk dapat meningkatkan kapasitas dan wawasan keilmuan terutama bagi masyarakat lokal. Dalam konteks ini, peningkatan wawasan masyarakat khususnya dalam ilmu penataan ruang akan meningkatkan kepedulian publik pada program-program pembangunan sehingga pada akhirnya tujuan dan sasaran pembangunan dapat tercapai secara efektif dan efisien.

Perkembangan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota semakin tahun semakin baik dengan ditandai dengan peningkatan jumlah mahasiswa yang diterima. Signifikan penerimaan tahun 2006 sejumlah 1 kelas meningkat menjadi 3 kelas mulai tahun 2013 dengan total jumlah mahasiswa 350 orang. Tahun 2013 juga memperoleh Akreditasi B sesuai SK No: 030/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/I/2013.

Visi Program Studi Teknik PWK

"Terwujudnya Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota yang Unggul dan Terkemuka di Indonesia Tahun 2020"

Misi Program Studi Teknik PWK

  1. Meningkatkan dan mengembangkan sistem kelembagaan yang berorientasi pada mutu dan profesionalisme atas dasar nilai-nilai Islami
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan sistem pendidikan dan pengajaran secara profesional, berstandar mutu, dinamis sesuai dengan perkembangan IPTEK.
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia, sarana dan prasarana yang berorientasi pada mutu dan profesionalisme
  4. Meningkatkan dan mengembangkan penelitian yang berorientasi kepada pembangunan kota yang berkelanjutan.
  5. Menyelenggarakan kegiatan aplikatif melalui perencanaan yang manusiawi.
  6. Menjalin kerjasama yang berkesinambungan pada bidang pendidikan, kelembagaan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Kajian Unggulan

  1. Permasalahan lingkungan yang terjadi dalam kawasan perkotaan maupun kawasan pedesaan ; masalah kabut asap akibat pembakaran lahan untuk kawasan perkebunan, pencemaran air dan udara, banjir dan tanah longsor serta tumbuhnya permukiman liar.
  2. Penataan kawasan perkotaan, pedesaan, dan wilayah.
  3. Sistem Informasi Geografis untuk perencanaan.

Tonggak Ukur Pencapaian Visi Misi

  1. Mampu menjalin komunikasi dan bersosialisasi secara efektif di masyarakat dengan menjunjung tinggi etika dan ahlak islami.
  2. Mampu mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu Perencanaan Wilayah dan Kota di tengah-tengah masyarakat pengguna.
  3. Mampu menganalisa dan memberi solusi terhadap permasalahan Perencanaan Wilayah dan Kota di masyarakat.
  4. Mampu menyelenggarakan penelitian dan menganalisa hasil penelitian di bidang Perencanaan Wilayah dan Kota.

Kurikulum Prodi Teknik PWK

Data Kurikulum Teknik PWK Dapat dilihat pada Link dibawah ini:

  1. Kurikulum Prodi Teknik PWK Download Disini

Tabel Daftar Dosen Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota

Lihat Detail Tabel