Sejarah Program Studi PWK

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Islam Riau (Prodi PWK FT-UIR) dirikan berdasarkan izin Direktorat Pendidikan Tinggi Depdiknas Nomor: 2688/D/T/2006 tertanggal 12 Juli 2006. Pendirian program studi ini dimaksudkan untuk menjawab tantangan atas persoalan-persoalan perencanaan dan pengembangan pedesaan, perkotaan, maupun wilayah. Diantaranya adalah permasalahan lingkungan yang terjadi dalam kawasan perkotaan maupun kawasan pedesaan. Masalah lingkungan tersebut selalu terjadi berulang, antara lain ; masalah kabut asap akibat pembakaran lahan untuk kawasan perkebunan, pencemaran air dan udara, banjir dan tanah longsor serta tumbuhnya permukiman liar.

Selain itu, pendirian prodi PWKFT UIR dimaksudkan untuk menjawab kebutuhan tenaga ahli bidang perencanaan, Terutama pada era otonomi daerah ini, dimana implementasi program-program pembangunan harus sesuai dengan dokumen tata ruang, hal ini tentunya membutuhkan aparatur, konsultan dan individu yang mampu memahami konsep tata ruang dan professional di bidangnya. Mampu mensosialisasikan pengetahuan tersebut kepada masyarakat sehingga meningkatkan kepedulian publik akan pentingnya pentaan ruang dalam pembangunan. Lembaga pendidikan merupakan salah satu komponen penggerak pembangunan bangsa untuk dapat meningkatkan kapasitas dan wawasan keilmuan masyarakat untuk mencapai maksud tersebut

Perkembangan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota semakin tahun semakin baik dengan ditandai dengan peningkatan signifikan jumlah mahasiswa yang diterima dari hanya 1 kelas pada tahun 2006 menjadi 3 kelas hingga saat ini, yang dimulai dari tahun 2013 dengan total jumlah mahasiswa aktif sebesar lebih kurang 350 orang. Pada tahun 2013, Prodi PWK FT UIR telah memperoleh Akreditasi B sesuai SK No: 030/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/I/2013.

Visi Program Studi PWK

"Menjadi Program Studi yang Unggul dalam bidang Penataan Ruang Berdasarkan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) di Asia Tenggara Tahun 2020 dengan menerapkan nilai-nilai Ke-Islaman"

Misi Program Studi PWK

Berdasarkan keunggulan komparatif di bidang penataan ruang berdasarkan pengelolaan DAS dengan menerapkan nilai-nilai ke-Islaman maka ditetapkan misi sebagai berikut :
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang penataan ruang berdasarkan pengelolaan DAS.
  2. Melaksanakan penelitian di bidang penataan ruang berdasarkan pengelolaan DAS.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakatdi bidang penataan ruang berdasarkan pengelolaan DAS sebagai bentuk kontribusi akademis untuk kemaslahatan masyarakat.
  4. Membangunkemitraan dengan perguruan tinggi, pemerintah, dunia usaha dan masyarakat baik di dalam maupun luar negeridalam bidang penataan ruang berdasarkan pengelolaan DAS.
  5. Menerapkan nilai-nilai Islam di dalam penyelenggaraan Catur Dharma Perguruan Tinggi

Kajian Unggulan Program Studi PWK

  1. Perencanaan ruang wilayah dan kota berdasarkan pengelolaan DAS.
  2. Perencanaan dan manajemen infrastruktur perkotaan berdasarkan pengelolaan DAS
  3. Aplikasi GIS dalam Perencanaan Wilayah dan Kota.
  4. Mitigasi bencana berdasarkan pengelolaan DAS berkelanjutan
  5. Mitigasi dan adaptasi perubahan iklim berdasarkan penataan ruang yang berwawasan lingkungan

Tujuan dan Sasaran Program Studi PWK

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, profesional, berkarakter kewirausahaan, berdaya saingdi tingkat nasional maupun internasional serta mampu memberikan alternatif pemecahanmasalah di bidang penataan ruang berdasarkan pengelolaan DAS.
  2. Menghasilkan publikasi, bahan ajar, buku dan hak atas kekayaan intelektual (HAKI) dan mampu berkontribusi untuk ilmu pengetahuan khususnya dibidang penataan ruang.
  3. Peningkatan pemahaman masyarakat terkait penataan ruang khususnya penataan ruang berdasarkan pengelolaan DAS.
  4. Menghasilkan kerjasama yang saling menguntungkan antara perguruan tinggi, pemerintah, dunia usaha dan masyarakat dalam penyelengaraan Catur Dharma Perguruan Tinggi yang berkesinambungan.
  5. Peningkatan penerapan nilai-nilai Islam di dalam penyelengaraanCatur Dharma Perguruan Tinggi.

Sasaran

  1. Sasaran dalam bidang Pendidikan dan Pengajaran
    1. Terwujudnya lulusan yang memiliki kompetensi keahlian penataan ruang berdasarkan pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS).
    2. Peningkatan jumlah dosen yang bergelar Doktor (S3).
    3. Peningkatan jumlah dosen yang bersertifikasi.
    4. Peningkatan jumlah dosen yang memiliki Jabatan Fungsional Guru Besar.
    5. Terwujudnya lulusan yang memiliki jiwa kepemimpinan.
    6. Terwujudnya lulusan yang memiliki kemampuan dasar di bidang technopreneurship.
    7. Terwujudnya peningkatan jumlah lulusan yang tepat waktu (8 semester).
    8. Terwujudnya lulusan yang memiliki IPK rata-rata >3,00
    9. Terwujudnya lulusan yang memiliki kemampuan dasar berbahasa inggris (TOEFL min 400)
    10. Terwujudnya lulusan yang memiliki keterampilan dalam penggunaan software dalam penataan ruang dan pengelolaan DAS.
    11. Terwujudnya masa tunggu lulusan mendapat pekerjaan < 6 bulan.
  2. Sasaran dalam bidang Penelitian
    1. Peningkatanjumlah hibah penelitian dengan pendanaan yang bersumber dari Lembaga penelitian UIR, Hibah penelitian DIKTI dan hibah penelitian pihak ketiga baik nasional maupun internasional.
    2. Peningkatan jumlah penelitian terkait penataan ruang berdasarkan pengelolaan DAS dengan melibatkan mahasiswa dan dipublikasikan di jurnal terakreditasi nasional maupun internasional.
    3. Peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan penelitian
    4. Peningkatan kualitas penelitian terkait penataan ruang berdasarkan pengelolaan DAS sehingga menghasilkan hak paten terkait pemodelan penataan ruang dan pengelolaan DAS.
    5. Peningkatan bahan ajar dan buku teks hasil cipta dosen dari penelitian yang dilakukan terkait penataan ruang berdasarkan pengelolaan DAS.
  3. Sasaran dalam bidang Pengabdian Masyarakat
    1. Peningkatan jumlah pengabdian kepada masyarakat terkait penelitian yang dilakukan dan hasilnya dipublikasikan baik tingkat nasional maupun internasional.
    2. Peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat.
    3. Peningkatan kerjasama pengabdian masyarakat dengan pihak ketiga baik nasional maupun internasional.
    4. Peningkatanjumlah pengabdian kepada masyarakat dengan pendanaan yang bersumber dari Lembaga Pengabdian Masyarakat UIR, Hibah Pengabdian DIKTI dan hibah pengabdian dari pihak ketiga baik nasional maupun internasional.
  4. Sasaran dalam bidang Kerjasama
    1. Peningkatan kerjasama terkait Catur Dharma Perguruan Tinggi dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri.
    2. Peningkatan kerjasama terkait Catur Dharma Perguruan Tinggi dengan badan/institusi pemerintah daerah, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.
    3. Peningkatan kerjasama terkait Catur Dharma Perguruan Tinggi dengan dunia usaha jasa profesi.
    4. Peningkatan kerjasama terkait Catur Dharma Perguruan Tinggi dengan lembaga dan kelompok masyarakat terkait bidang perencanaan wilayah dan kota.
  5. Sasaran dalam Dakwah Islam
    1. Terwujudnya lulusan yang beriman, bertaqwa dan berakhlakul karimah.
    2. Mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam mata kuliah keahlian.

Kurikulum Program Studi PWK

Jumlah SKS minimum yang harus ditempuh sebagai syarat kelulusan di Prodi PWK adalah sebanyak 148 sks, yang tersusun sebagai berikut:

Jenis Mata Kuliah SKS Keterangan
Mata Kuliah Wajib 139 Mata Kuliah Utama
Mata Kuliah Pilihan 18 (9) Mata Kuliah ditawarkan 18 SKS tetapi wajib diambil sebanyak 9 SKS
Jumlah Total 148

Ket : Tabel diatas merupakan informasi jumlah SKS yang diterapkan saat ini.

Berdasarkan SK Rektor UIR : 17/UIR/KPTS/2014 Tentang Kurikulum Prodi PWK FT UIR, Jumlah mata kuliah yang ditawarkan sebanyak 64 mata kuliah dengan total jumlah sks sebesar 157 sks, sedangkan rincian sks mata kuliah wajib sebanyak 139 sks dan mata kuliah pilihan sebanyak 18 sks, dari jumlah total mata kuliah pilihan yang disajikan mahasiswa wajib mengambil minimal 9 sks untuk memenuhi syarat kelulusan sebesar 148 sks. Mata kuliah pilihan yang ditawarkan sebanyak 7 mata kuliah dengan distribusi mata kuliah berada di 3 (tiga) semester dengan rincian semester V sebanyak 2 (dua) mata kuliah, semester VI sebanyak 2 (dua) mata kuliah dan semester VII sebanyak 3 (tiga) mata kuliah.

Tabel Mata Kuliah yang disajikan bagi Mahasiswa selama menempuh perkuliahan pada Jenjang S1 di Prodi PWK FT UIR dapat diunduh di sini

Tabel Daftar Dosen Program Studi PWK

Lihat Detail Tabel

Gallery Kegiatan Program Studi PWK

Bootstrap template


Pelantikan Pengurus HIMAPLAN

Bootstrap template

Perpisahan

Bootstrap template

Baksos - Planologi Berbagi di Panti Asahan YLBMI

Bootstrap template

Focus Group Discuccion (FGD) Tingkat Nasional 2015

Bootstrap template

Praktek Pemetaan Mahasiswa Baru

Bootstrap template

Seminar Tertib Berlalu Lintas