Sejarah Teknik Sipil

Program Studi Teknik Sipil sendiri merupakan bagian dari Fakultas Teknik Universitas Islam Riau. Program Studi ini didirikan pada tanggal 1 Mei 1964 dengan Nomor SK pendirian : No. 64-a/B-SWT/P/1964 dengan pertimbangan masih sangat langkanya Sarjana Teknik yang dimiliki/dihasilkan negara Indonesia khususnya di Provinsi Riau pada saat itu.

Pendirian ini didasari oleh kenyataan bahwa perkembangan industri khususnya jasa konstruksi sangat pesat di Daerah Riau dan membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk dapat mengisi kesempatan kerja yang tersedia. Sedangkan pada saat itu, di daerah Riau belum ada perguruan tinggi yang mempunyai Program Studi Teknik Sipil. Hal inilah yang melatarbelakangi beberapa orang pegawai PT.Caltex Pasific Indonesia (CPI) dan Staf dosen Fakultas Teknik Universitas Islam Riau berinisiatif untuk mendirikan Program Studi Teknik Sipil.

Program Studi Teknik Sipil dipimpin oleh seorang ketua jurusan dibantu oleh sekretaris jurusan, sedangkan untuk pelaksanaan tugas administrasi, jurusan dibantu oleh pegawai tata usaha.

Visi Program Studi Teknik Sipil

Sesuai dengan visi Universitas Islam Riau yaitu menjadikan Universitas Islam Riau unggul dan terkemuka di asia tenggara tahun 2020 dan visi fakultas teknik yaitu fakultas teknik yang unggul dan berkualitas memiliki kemandirian, profesional, berkarakter kewirausahaan dan bersendikan nilai nilai keislaman di Asia Tenggara pada tahun 2020, maka di tetapkan visi program studi teknik sipil yaitu

"Menghasilkan sarjana teknik sipil yang unggul, berkualitas, profesional, mandiri, dan mempunyai jiwa kewirausahaan serta berwawasan lingkungan yang berlandaskan nilai nilai keislaman di Asia Tenggara pada tahun 2020"

Misi Program Studi Teknik Sipil

  1. Menyelenggarakan pendidikan Teknik Sipil yang beriorentasi kepada rancang bangun infrastruktur yang berlandaskan nilai nilai keislaman.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Teknik Sipil yang mendukung pembangunan nasional.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dengan tujuan untuk menciptakan masyarakat yang tahu tentang keilmuan Teknik Sipil.
  4. Membina kehidupan akademik yang sehat serta mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan humaniora dengan mengoptimalkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang mampu bersaing, berjiwa kewirausahaan dan berwawasan lingkungan.

Tujuan Program Studi Teknik Sipil

Tujuan Umum

  1. Orientasi umum: Upaya membekali mahasiswa dengan pengetahuan umum, menyiapkan mahasiswa untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dan pembentukan keterampilan agar mahasiswa dapat berkarya secara efektif dalam masyarakat.
  2. Orientasi Intelektual: Pembentukan sikap akademik pada peserta didik melalui pengenalan terhadap profesi, penelitian dan metoda-metoda yang telah baku. Membentuk kemampuan menganalisis suatu masalah dan mensintugas akhir ilmu pengetahuan yang berasal dari banyak sumber, pembentukan kemandirian akademik, dan memiliki sikap terbuka terhadap konsep-konsep baru.
  3. Pembentukan Kepribadian: Membantu mahasiswa dalam mengidentifikasi tujuan akademiknya masing-masing, serta membantu mengembangkan cara-cara untuk pencapaian tujuan tersebut. Meningkatkan harga diri, percaya diri, kemandirian, dan meneladani hubungankerja yang terbuka dan jujur.
  4. Berwawasan Wiraswasta : Menyelenggarakan program latihan kewiraswastaan, memiliki kemampuan untuk mengenal potensi mahasiswa, dan memupuk jiwa entrepreneur mereka.
  5. Inovasi: Dimaksudkan sebagai suatu suasana dimana keinginan berinovasi merupakan suatu falsafah hidup. Ini berarti adanya suatu mekanisme dimana penemuan baru harus dapat dimasukkan pada kurikulum yang ada.

Tujuan Khusus

Menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang trampil dalam bidang teknik sipil seperti perencanaan struktur gedung, jembatan, pelabuhan, perencanaan jaringan transportasi dengan sarana pendukungnya seperti: jalan, jembatan, pelabuhan, terminal, teknik pengaturan lalulintas, dan sebagainya serta memahami metoda perhitungan dan philosofi perencanaannya

Kompetensi khusus yang ingin dicapai adalah lulusan dengan karakteristik sebagai berikut:

  1. Menguasai dan mampu melakukan perancangan, dan rekayasa di bidang teknik sipil.
  2. Mampu mengidentifikasikan, memformulasikan, dan memecahkan masalah-masalah sistem integral menggunakan alat-alat pokok analitikal, komputasional, dan/atau eksperimental.
  3. Mempunyai wawasan luas sehingga dapat memahami dampak penerapan keilmuan teknik industry terhadap konteks global/sosial.
  4. Mampu berkomunikasi dengan efektif, memiliki etika bermasyarakat dan selalu berperan aktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  5. Mampu bekerjasama dalam kelompok yang bersifat multi disiplin, baik dalam peran sebagai pemimpin maupun anggota kelompok.
  6. Mampu menguasai teknologi informasi dan komputerisasi, mengikuti perkembangan teknologi dan melakukan inovasi.
  7. Memiliki rasa tanggung jawab dalam lingkungan masyarakat dan peka terhadap perubahan.

Kurikulum Program Studi Teknik Sipil

Berikut ini adalah Daftar Kurikulum Prodi Teknik Sipil :

  1. Kurikulum Teknik Sipil 2013 Lihat Disini
  2. Kurikulum Teknik Sipil 2015 Lihat Disini

Tabel Kemahasiswaan Dan kelulusan

Lihat Detail Tabel