Fakultas Teknik

Kontak

Sejarah

Fakultas Teknik

"Fakultas Teknik UIR berdiri pada tahun1964 dengan pertimbangan masih sangat langkanya Sarjana Teknik yang dimiliki/dihasilkan negara Indonesia pada umumnya dan Provinsi Riau pada khususnya pada saat itu. "

Jurusan pertama yang berdiri adalah Jurusan Teknik Sipil tahun 1964.Kemudian tahun 1986 secara resmi dibuka dua jurusan lagi yaitu Jurusan Teknik Perminyakan dan Teknik Mesin. Khusus untuk jurusan Teknik Perminyakan dan Teknik Mesin tenaga pengajar (dosen) secara mayoritas adalah diambil dari Ikatan Alumni ITB Riau yang sebahagian besar dari mereka adalah staf PT. Caltex Pacific indonesia.

Sehingga mulai tahun 1986 tersebut mahasiswa baru dapat melakukan pendaftaran pada tiga jurusan:

Jurusan Teknik
Sipil

Jurusan Teknik Perminyakan

Jurusan Teknik
Mesin

Tidak sampai disitu saja Fakultas Teknik UIR terus menambah jurusan baru. Pada tahun 2006 dibuka jurusan Teknik Perencanaan Wilayah Kota dan tahun 2007 dibuka Jurusan Teknik Informatika. Selanjutnya di tahun 2012 di buka lagi, Jurusan Geologi.

Sehingga saat ini FAKULTAS TEKNIK UIR telah memiliki enam jurusan, yaitu:


  1. Jurusan Teknik Sipil (S1), berakreditasi B
  2. Jurusan Teknik Perminyakan (S1), berakreditasi B
  3. Jurusan Teknik Mesin (S1), berakreditasi B
  4. Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (S1), berakreditasi B
  5. Jurusan Teknik Informatika (S1), berakreditasi B
  6. Jurusan Teknik Geologi, berakreditasi B

Sambutan

Dekan Fakultas Teknik

Assalamualaikum Wr.Wb Puji serta syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya sehingga Fakultas Teknik (FT) Universitas Islam Riau (UIR) dapat memperkenalkan seluruh aktivitas dan catur dharma FT UIR melalui website pemberi informasi sebagai garda terdepan FT UIR.

Bergerak terus maju, Fakultas Teknik UIR menanamkan visi "Menjadi Fakultas Teknik Berkelas Dunia yang Berkarakter Islami” sebagai konsekuensi logis atas segenap capaian dan prestasi yang telah diraih selama ini, sekaligus menjawab tantangan Pendidikan tinggi yang berkualitas di era millenial.

Website ini menjadi upaya untuk menerima kunjungan berbagai pihak sebagai sarana silatuhrami mahasiswa, wali mahasiswa, alumni, stakeholders, dan masyarakat umum. Fakultas Teknik UIR akan terus meningkatkan prestasi dan kompetensi agar memberikan layanana terbaik untuk seluruh civitas akademika serta berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara.

Website ini dibangun atas kolaborasi pendidik, tenaga kependidikan, mahasiswa dan alumni sebagai wujud kekuatan bersama yang bersinergi dalam nilai-nilai keislaman (Beradab, Berilmu, dan Beramal) yang telah ditanamkan selama ini. Semoga dengan adanya website ini yang telah dibentuk dengan semaksimal mungkin dapat mempermudah semua pihak yang membutuhkan.

Terima kasih, wabillahi taufiq walhidayah. Wassalamualaikum warohmatullahi barakatuh. Salam sehat dan sukses selalu untuk kita semua.

Dr. Eng Muslim, S.T, M.T
Dekan Fakultas Teknik UIR

Universitas Islam Riau

"to be world class islamic university base on iman and takwa"