Fakultas Teknik

Kontak

Manfaat Melihat Hujan Turun dan Mendengarkan Suara Secara Langsung Bagi Kesehatan Mental

Seriau,- Hujan adalah anugerah dari Allah SWT yang wajib disyukuri. Kalaupun turunya hujan menyebabkan musibah seperti bencana banjir, longsor hingga angin topan itu semata-mata kibatulah manusia sendiri. Bagaimanapun secara alami tanpa pengaruh dan gangguan manusia terhadap bumi sejatinya hujan membawa keberkahan.

Barangkali bagi orang tertentu, hujan telah memberi kesan positif dari munculnya ingatan masa lalu yang menyenangkan.

Sebagaimana ombak laut dan airterjun hujan yang menyebabkan air bertabrakan tersebut menghasilkan ion negatif. Nah ketika ion negatif masuk kealiran darah bakal ada reaksi kimia dalam tubuh. Akhirnya stresdan kecemasan jadi berkurang. Jika masih belum bisa meresapi kelezatan hujan lantaran dalam kondisi tak memungkinkan seperti sedang buru-buru maka saat senggang sempatkan diri bercengkrama dengan hujan.

Tentu maksudnya bukan berhujan- hujanan. Cukup diteras rumah, jendela hotel balkon gedung tempat kerja,atau dimanapun itu yang bikin nyaman untuk bermadu kasih bersama rintik hujan deras.

Dengan hujan, depresi ringan yang dialami individu dapat diatasi dengan cara terapi sederhana yang mudah dan murah tersebut. Yakni melihat hujan turun dan mendengarkan suaranya secara langsung. Bukan melalui video atau film.

Alasannya, suasana hujan mampu menciptakan perasaan seseorang lebih tenang.Dimana,hujan mempunyai alur pergerakan yang teratur sehingga gampang diprediksi Gerakan-gerakan air hujan yang dilihat mata beserta suara anggunnya yang terdengar telinga membuat otak tidak merasa terancam.

Sebaliknya, karena pola air hujan yang teratur tersebut terjadi berulang-ulang malah menimbulkan alunan yang menenangkan jiwa. Itulah mengapa banyak sekali dijumpai instrumen musik untuk terapi maupun meditasi sering pakai video hujan.

Bahkan, tanpa perlu melihat sekalipun dengan mendengar suara saja sanggup memberikan efek mengantuk. Hal tersebut disebabkan gemercik hujan yang didengar dapat mengurangi kompleksitas alias kesemrawutan gelombang otak. Alhasil setelah mendengar desiran hujan bikin tidur menjadi cepat, lelap dan ketika bangun berada dalam keadaan lebih enak suasana hatinya.

Dari sekian hal terkait unsur hujan, aroma yang menusuk hidung telah membangkitkan emosi positif berbentuk ingatan alias kenangan indah. Perlu diketahui ,indera penciuman terhubung langsung dengan dua area otak yang bertugas mengurusi memori (ingatan) dan emosi kejiwaan.Yakni, bagian hippocampus dan amigdala.

Barangkali bagi orang tertentu, hujan telah memberi kesan positif dari munculnya ingatan masal lalu yang menyenangkan. Sebagaimana ombak laut dan airterjun, hujan yang menyebabkan air bertabrakan tersebut menghasilkan ion negatif. Nah, ketika ion negatif masuk kealiran darah bakal ada reaksi kimia dalam tubuh. Akhirnya stres dan kecemasan jadi berkurang***

Penulis H. Abdul Kudus Zaini (Dosen Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Islam Riau)

sumber : https://seriau.com/mobile/detailberita/46220/pendidikan/manfaat-melihat-hujan-turun-dan-mendengarkan-suara-secara-langsung-bagi-kesehatan-mental

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email

Berita Lainnya

Audensi Universitas Islam RIau (UIR)

Audensi Bersama Gubernur Riau

Audensi sama gubernur Riau. Selasa, 8 november 2022 pukul 15.30 wib Fakultas Teknik Universitas Islam Riau (UIR) melakukan audensi di rumah dinas Gubernur Riau yang

Profile Alumni Fakultas Teknik UIR

Profile Alumni Fakultas Teknik UIR

Yogi Aditya, ST. Teknik Geologi – Angkatan 2013 adalah Ketua – Ikatan Alumni Teknik Geologi UIR. Pemuda yang pernah menjadi wakil ketua Ikatan Ahli Teknik

Profile Alumni Fakultas Teknik UIR

Profile Alumni Fakultas Teknik UIR

Al Huda, ST. Alumni Teknik Planologi – Angkatan 2013 adalah Ketua Ikatan Alumni Teknik Planologi UIR. Pemuda kelahiran desa Kotobaru Seberida yang pernah menjadi Ketua